Pasar Hewan Kembali Dibuka, Dapat Mendongkrak Perekonomian Kota Banjar



BANJAR - Setelah 5 tahun sempat tidak aktif dikarenakan sepi pedagang dan pembeli, pasar hewan yang berada di Jalan Purnomo Sidi Dobo Pataruman, Kota Banjar kembali diaktifkan.

Kamar Dagang dan Industri ( Kadin )  Kota Banjar yang berinisiatif  untuk mengaktifkan kembali Pasar Hewan ini merasa optimis untuk meningkatkan perekonomian Kota Banjar dari segi peternakan, dengan banyaknya para petani ternak di Kota Banjar.

Dengan diaktifkannya kembali pasar hewan ini, diharapkan para petani ternak tidak jauh-jauh untuk memasarkan hasil ternaknya.
Demikian disampaikan Asep Nugraha Ketua Kadin Kota Banjar di sela-sela acara Pembukaan kembali Pasar Hewan Kamis ( 12/3/20).

" Setelah 5 tahun sempat tidak aktif dikarenakan transisi masalah harga sapi lokal yang harganya jauh dibandingkan dengan harga sapi impor, maka dengan diaktifkannya kembali pasar hewan ini, petani ternak dapat memanfaatkan pasar hewan ini, untuk menjual hasil ternaknya," ujar  Asep Nugraha.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha  Kecil Menengah dan Perdagahan ( KUKMP) H Saefudin.

" Pasar Hewan yang akan dibuka setiap hari Kamis ini,  tidak hanya untuk menjual kambing dan sapi saja, tapi hewan-hewan ternak lainnya, bisa dijual di Pasar hewan ini. Dan Ini tentunya diharapkan bisa menggerakan perekonomian Kota Banjar.  Dengan adanya keramaian ini UMKM juga bisa lebih meningkat, banyak peluang untuk pekerjaan dan penghasilan meningkat, " jelas H Saefudin.


Masih kurangnya pasokan daging di Kota Banjar juga memberi harapan cerah untuk para petani ternak untuk memanfaatkan Pasar Hewan ini. Seperti disampaikan oleh Kepala Dinas Ketahanan pangan pertanian dan peternakan drh Aswin.

" Semoga dengan adanya Pasar hewan ini bisa meramaikan suasana tata niaga khususnya ternak, dan  bisa mendorong petani ternak untuk memajukan pasar hewan, " harap drh Aswin. ***