Spanyol Datangkan Robot Tes Covid-19, Diklaim Bisa Layani 80 Tes Perhari


Jakarta - Memiliki persebaran infeksi virus corona COVID-19 terbanyak keempat di dunia, Spanyol datangkan robot untuk tes corona secara massal. Dikatakan robot ini bisa melakukan tes kepada 80.000 orang dalam setiap harinya.
Mengutip dari Daily Mail, pemerintah Spanyol mengatakan saat ini tes corona yang bisa dilakukan dalam sehari adalah sekitar 15.000 sampai 20.000 orang.

Kepala kesehatan di University Carloss III de Madrid, Raquel Yotti mengatakan bahwa rencana untuk menjalankan robot tersebut sudah berjalan.

Baca juga: Waspada Corona, Unggahan Ganjar Pranowo Soal Sopir Taksi Ini Viral
"Rencananya adalah melakukan tes corona dengan menggunakan robot yang memang telah dirancang untuk itu, dan Spanyol telah mendukung untuk membeli robot tersebut," kata Yotti.

"Robot ini akan membuat kita bisa melakukan tes corona sebanyak 80.000 per hari," lanjutnya.

Kebijakan ini dilakukan setelah Perdana Menteri Pedro Sanchez mengatakan bahwa kemungkinan terburuk dari virus corona bisa saja terjadi pada Spanyol.

"Kami belum menerima dampak dari gelombang terkuat dan yang paling merusak, yang juga akan menguji kemampuan material dan moral kita hingga batasnya, serta semangat kita sebagai masyarakat," pungkas Sanchez.

Diketahui hingga kini sebanyak 28.572 orang terinfeksi virus corona di Spanyol, 1.720 di antaranya meninggal dunia.


Sumber: Detik.com