News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Trik Motret Makanan Agar Terlihat Lezat dan Menggugah Selera

Trik Motret Makanan Agar Terlihat Lezat dan Menggugah Selera


Jakarta - Memotret makanan hasil masakan sendiri atau ketika pergi ke restoran seakan menjadi ritual kaum milenial. Hasil potret makanan itu lantas diposting di media sosial. Supaya foto hidangan lebih estetik, ada beberapa trik yang bisa dilakukan.

Pengaturan cahaya menjadi kunci untuk membuat foto makanan terlihat lezat. Gambarnya pun harus detail untuk menonjolkan daya tarik utama dari menu hidangan.

Fotografer Rio Motret menjelaskan, langkah mula dalam menjepret makanan yaitu menentukan objek yang akan jadi sorotan utama. Jika tidak ada hal yang ditonjolkan, foto makanan terlihat datar dan tidak menggugah selera.

Sebetulnya banyak trik-trik (foto makanan), karena makanan itu sendiri biasanya terdiri dari komposisi yang berbeda-beda, tergantung mana yang kita mau tonjolkan," jelas Rio beberapa waktu lalu.

"Kalau kita mau capture makanan yang besar seperti satu piring spaghetti atau pizza, nah apa yang harus kita tonjolkan, apakah topping atau isi makanan, atau garnish yang bisa menarik nafsu makan," lanjut dia.

Untuk mendapatkan gambar-gambar detail dari makanan, bisa menggunakan mode makro pada smartphone, seperti yang ada pada OPPO Reno3. Lensa makro didesain untuk mendapatkan hasil gambar yang detail dengan pengambilan gambar dari jarak dekat. Dengan begitu, tekstur makanan bisa terlihat jelas.

"Makanan perlu banyak detail, zoom, macro supaya detail kelihatan lezat, tekstur makanan lebih keluar," imbuh Rio.

Tidak kalah penting juga untuk menyusun background foto yang serasi dengan menu yang dihidangkan. Background bisa menggunakan sayuran dan buah, atau perabotan makan yang disusun sedemikian rupa agar terlihat menarik. Usahakan juga ambil foto makanan di tempat yang cukup cahaya, agar bisa mendapatkan detail tekstur makanan secara maksimal.

Selain mode makro, OPPO juga membekali kameranya dengan sejumlah fitur menarik. Ada Ultra Dark Mode yang menjanjikan foto terang di kondisi kurang cahaya. Lalu ada fitur 5x Hybrid Zoom dan 20x Digital Zoom. Membuat objek yang cukup jauh dapat terpotret dengan kualitas yang baik.

Namun yang menarik ponsel ini punya fitur 108MP Ultra Clear Image yang memungkinkan Reno3 akan mengambil foto multi-frame dan melalui kecerdasan buatan akan secara otomatis digabungkan. Hasilnya gambar asli dengan pixel yang rendah akan diubah menjadi gambar dengan resolusi tinggi, tajam, dan jelas.


Sumber: Detik.com

Tags