WHO Minta Jokowi Deklarasi Darurat Nasional Covid-19


Jakarta ‐ Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus meminta Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan mekanisme tanggap darurat menghadapi penanggulangan pandemi virus corona.

Pernyataan tersebut Ghebreyesus sampaikan melalui surat yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo.

"Kami merekomendasikan beberapa hal yang penting dan darurat untuk menekan transmisi lokal dan mencegah penyebaran lebih luas. Salah satunya, meningkatkan mekanisme tanggap darurat termasuk deklarasi darurat nasional," ujarnya dalam surat yang diterima CNNIndonesia.com, Jumat (13/3).

WHO memberikan rekomendasi kepada setiap negara, terutama pada negara yang memiliki populasi besar dengan ragam kapasitas dan sistem kesehatan di dalam negeri

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Teuku Faizasyah mengungkap pihaknya belum melihat surat tersebut secara langsung.

"Tapi dari surat yang saya baca, yang didapat dari teman-teman media, rekomendasi bersifat umum ya yang diberikan WHO ke semua negara yang punya local transmission," ujarnya Cnnindonesia.com.

Teuku menegaskan surat tersebut bersifat rekomendasi, sehingga tidak secara otomatis mengeluarkan status darurat nasional.




Sumber: Cnnindonesia.com