News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

10 Peserta Ijtima Gowa Asal Temanggung Positif Covid-19

10 Peserta Ijtima Gowa Asal Temanggung Positif Covid-19


Temanggung - Jumlah kasus positif virus Corona (COVID-19) di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah bertambah 10 orang. Mereka adalah peserta Ijtima Ulama Dunia di Gowa, Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Temanggung, Gotri Wijianto mengatakan hasil tes swab 10 orang klaster Gowa itu telah keluar dengan hasil seluruhnya positif Corona.

"Berdasarkan informasi yang kami terima siang hari ini dari Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung. Telah keluar hasil swab test dari klaster Gowa yang kedua, dengan hasil 10 orang positif COVID-19 baru," kata Gotri dalam keterangannya melalui video yang diunggah akun Instagram @kawalcovid19tmg, Sabtu (25/4/2020).

Akun Instagram @kawalcovid19tmg itu merupakan akun resmi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Temanggung.

Menurut Gotri, telah dan sedang melakukan tracing terhadap kontak dekat dari klaster Gowa ini. Adapun untuk hasil sementara ada 19 orang yang dinyatakan reaktif rapid test.

"Tracing juga telah dan sedang dilakukan kepada kontak dekat dari klaster Gowa dengan hasil sementara 19 orang dinyatakan reaktif rapid test. Kemudian akan dilanjutkan dengan swab test dari 19 orang tersebut," ujarnya.

Gotri menambahkan dengan penambahan 10 orang positif Corona tersebut, maka total kasus positif Corona di Kabupaten Temanggung saat ini sebanyak 21 orang. Mereka sekarang dalam perawatan di RSUD Djojonegoro, Temanggung.

"Total positif COVID-19 di Kabupaten Temanggung saat ini sebanyak 21 orang. Dan semuanya telah dirawat di RSUD Djoyonegoro Kabupaten Temanggung," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya mengimbau kepada seluruh warga Kabupaten Temanggung yang melakukan kontak dekat dengan klaster Gowa ini untuk jujur. Kemudian, jika merasakan sakit untuk periksa ke puskesmas terdekat.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung khususnya yang telah melakukan kontak dekat dengan klaster Gowa untuk jujur dan segera melaporkan ke puskesmas terdekat apabila merasakan gejala sakit," kata Gotri.

Selain itu, masyarakat diminta untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan dan menaati imbauan dari pemerintah. Warga masyarakat diimbau tetap menjaga jarak, rajin cuci tangan dengan sabun dan jika keluar rumah memakai masker.

"Pakai masker setiap keluar rumah dan sementara untuk beribadah di rumah masing-masing," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak tujuh peserta Ijtima Ulama Dunia di Gowa asal Temanggung dinyatakan positif virus Corona.

"Saya sampaikan informasi hari ini sebagai berikut dari saudara kita yang kemarin hari Senin (21/4), sejumlah 21 orang dikarantina mess BLK dan satu orang dirawat di RSUD Kabupaten Temanggung. Hari ini hasil swab, hari ini telah keluar dengan hasil tujuh orang konfirm positif COVID-19," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Temanggung, Gotri Wijianto, Jumat (24/4).

Gotri menyebut saat ini dua orang di antaranya dirawat di RSUD Kabupaten Temanggung dan sisanya menjalani karantina di Balai Latihan Kerja (BLK) Temanggung. Selain itu, ada 8 orang tanpa gejala (OTG) yang dikarantina di BLK.



Sumber: Detik.com

Tags