Alat Kesehatan yang Harganya Naik Gila-gilaan Selama Corona



 Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat setidaknya ada 3 produk alat kesehatan yang paling banyak dijual dengan harga gila-gilaan dan kualitas rendah adanya virus Corona (COVID-19). Ketiga produk alat kesehatan itu adalah hand sanitizer, masker dan kalung 'virus shut out'.

"Kami melihat setidaknya ada 3 alat kesehatan yang terindikasi demikian yaitu hand sanitizer, kita temukan setidaknya ada sebanyak 95 pedagang online di 9 marketplace yang menjual dengan harga tinggi dan kualitas rendah, lalu masker ada 25 pedagang online di 8 marketplace, dan produk kalung itu ada 49 pedagang online di 8 marketplace," ujar Sekretaris Jenderal Kemendag Oke Nurwa dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR RI, Rabu (22/4/2020).

Menurutnya dari upaya pengawasan tersebut rata-rata produk yang dijual pun tidak terjamin keaslian atau originalitasnya.

Kini, semua akun yang kedapatan menjual dengan harga gila-gilaan terhadap ketiga produk tersebut sudah ditutup atau blokir akunnya oleh Kemendag bekerja sama dengan Indonesian E-Commerce Association (Idea).

"Terhadap pedagang online yang menjual Alat Kesehatan dengan harga tinggi dan dengan kualitas yang juga belum tentu original telah ditindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan IdeA yakni ditutup akunnya atau takedown," pungkasnya.


Sumber: Detik.com