Harga Minyak Dunia Anjlok, Kapan BBM Turun?


Jakarta - Pemerintah sampai saat ini belum mengambil sikap soal harga BBM di tengah anjloknya harga minyak dunia. Namun pekan lalu Kementerian Koordinator Perekonomian menggelar rapat membahas bahan bakar minyak tersebut. Lantas adakah rencana untuk menurunkan harga BBM?

Kepala Biro Hukum Persidangan dan Hubungan Masyarakat Kemenko Perekonomian I Ketut Hadi Priatna menjelaskan komoditas energi tersebut dibahas dalam rakor masih bersifat diskusi untuk internal pemerintah. Hasilnya belum bisa disampaikan ke publik.

"Ya itu kan di internal pemerintah. Masih diskusinya. Jadi saya nggak bisa menyampaikan," kata dia saat dihubungi detikcom, Rabu (15/4/2020).

Saat ditanya apakah pemerintah menyiapkan opsi penurunan harga BBM, dia mengaku belum mengetahui hal tersebut. Yang jelas kebijakan terkait BBM perlu disepakati dengan kementerian terkait lainnya.

"Saya nggak tahu tentang itu. Kalau masalah itu kan masalah kebijakan yang dibahas dan itu kan perlu kesepakatan dengan kementerian lain. Jadi bukan di ranah kami menjawab itu," tambahnya.

Beberapa waktu lalu, pengamat ekonomi Energi Universitas Gadjah Mada (UGM) Fahmy Radhi menilai sudah saatnya harga BBM di Indonesia ikut turun sejalan dengan harga minyak dunia yang terus merosot.

Fahmi menilai dengan harga minyak yang sangat rendah, bahkan di bawah US$ 30 per barel, pemerintah dan juga Pertamina punya kesempatan untuk menurunkan harga minyak. Terlebih lagi rendahnya harga minyak sudah berlangsung dalam jangka waktu lama.

"Saya kira kan ini harga minyak sudah rendah sekali di bawah US$ 30 (per barel), dan itu sudah berlangsung sejak lama. Mestinya di harga yang rendah ini kesempatan bagi pemerintah dan Pertamina menurunkan harga BBM, khususnya untuk non subsidi," kata Fahmy ketika dihubungi detikcom, Senin (23/3/2020).


Sumber: Detik.com