Mayoritas Pasien Covid-19 Yang Meinggal Punya Penyakit Penyerta Kronis


Bandung - 19 pasien dalam pengawasan (PDP) yang 11 di antaranya terkonfirmasi positif Covid-19 meninggal di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung hingga Kamis (2/4/2020). Pasien yang meninggal kebanyakan memiliki riwayat penyakit penyerta yang kronis (comorbid) dengan usia rata-rata di atas 50 tahun.

Direktur Perencanaan Organisasi dan Umum RSHS M Kamaruzzaman mengatakan, rata-rata penyakit penyerta bagi PDP yang meninggal adalah hipertensi dan diabetes.

"Oleh karena itu kami mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga dan melindungi orang tua kita dengan cara menjaga jarak apabila kita baru beraktivitas di luar rumah, pakai masker dan lindungi mereka yang memiliki risiko tinggi termasuk orang tua kita," kata Kamaruzzaman, Kamis (2/4/2020).

Untuk itu ia mengimbau agar warga mengurangi aktivitas di berpergian, kalau pun terpaksa haur menggunakan masker, serta menerapkan pola physical dan social distancing.

Kamaruzzaman mengatakan total ada 47 PDP yang dirawat di RSHS, 26 diantaranya menunggu hasil uji swab. 18 lainnya terkonfirmasi positif.

"Kembali kami menyampaikan informasi terbaru terkait dengan penanganan ODP dan PDP di RSHS Bandung.. Untuk ODP yang baru berjumlah 6 orang, sehingga total ODP sampai hari ini berjumlah 321 orang, untuk PDP yang baru hari ini berjumlah 4 orang sehingga total PDP sejak akhir Februari sampai hari ini berjumlah 100 orang," katanya.


Sumber: Detik.com