Memilukan, Bocah 13 Tahun Positif Covid-19 Dimakamkan Tanpa Keluarga


London - Seorang anak berumur 13 tahun di Inggris, Ismail Mohamed Abdulwahab yang meninggal karena infeksi virus corona, dimakamkan tanpa kehadiran keluarga intinya.

Anak laki-laki asal Brixton, London selatan itu dimakamkan di Chislehurst pada Jumat (3/4) waktu setempat. Namun orangtua dan enam kakak-adiknya tak bisa datang karena mereka diharuskan menjalani karantina mandiri, bahkan seorang adik laki laki dan seorang kakak perempuan Ismail mulai menunjukkan gejala, seperti demam.

Ismail dites positif virus corona sehari setelah dia dibawa ke rumah sakit pada 26 Maret lalu. Bocah laki-laki itu disebut tidak memiliki penyakit bawaan. Dia meninggal di rumah sakit King's College Hospital pada Senin (30/3) waktu setempat.

Mark Stephenson, seorang teman keluarga tersebut mengatakan bahwa mereka sangat bersedih karena tak bisa menghadiri pemakaman bocah tersebut.

"Ini sangat menyedihkan bagi semua orang yang terlibat, tetapi mereka sangat tersentuh oleh kehangatan dan pesan dukungan yang sangat positif dari orang-orang," katanya saat menyampaikan pidato singkat untuk mewakili keluarga Ismail, seperti dilansir The Guardian, Sabtu (4/4/2020).

Dalam prosesi pemakaman itu, peti mati Ismail dibawa oleh empat orang yang mengenakan pakaian pelindung dan masker. Ismail dimakamkan di Eternal Gardens yang dikhususkan untuk pemakaman muslim, yang berada di Kemnal Park, Chislehurst.

Selama prosesi pemakaman, termasuk saat memanjatkan doa, sejumlah orang yang hadir berdiri berjauhan dengan menerapkan panduan jaga jara sosial atau social distancing.

Gejala COVID-19 Ismail dimulai pada hari Senin (23/3) lalu. Ambulans membawanya ke rumah sakit King's College pada 26 Maret dan dia pun dipasangkan ventilator. Bocah itu dinyatakan positif virus corona pada hari berikutnya dan mengalami koma. Ismail meninggal pada Senin 30 Maret pukul 3 pagi waktu setempat setelah paru-parunya gagal dan dia mengalami serangan jantung. Ismail disebut sebagai pasien coronavirus termuda yang meninggal di Inggris.


Sumber: Detik.com