News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Minta Bunga Kartu Kredit Turun, Bos BI: Ini Lagi Zaman Susah

Minta Bunga Kartu Kredit Turun, Bos BI: Ini Lagi Zaman Susah



 Jakarta - Bank Indonesia (BI) telah mengeluarkan kebijakan penurunan bunga kartu kredit menjadi 2% dari sebelumnya 2,5%. Selain itu pembayaran minimum juga sementara diturunkan menjadi 5% dari sebelumnya 10%.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan bank sentral sudah berdiskusi dengan asosiasi kartu kredit Indonesia (AKKI) terkait penurunan bunga ini.

"Kami bicara, yo kawan-kawan ini lagi zaman susah mari kita turunkan. Kasih kemudahan-kemudahan dalam kartu kredit. Tapi ini bukan ngajarin ngutang loh, inikan zaman lagi susah ya untuk mempermudah pembayaran-pembayaran non tunai," kata Perry dalam video conference, di Jakarta, Rabu (22/4/2020).

Dia mengungkapkan, penurunan bunga juga harus dilakukan karena bunga kartu kredit di Indonesia itu tertinggi di seluruh dunia. Sebelumnya bunga kartu kredit 2,25% per bulan dan setahun 27%. Jika diturunkan menjadi 2% per bulan maka satu tahun 24%.

Perry mengatakan bunga kredit juga memang sudah terus mengalami penurunan sejak 2016 berdasarkan kesepakatan industri. Termasuk minimum pembayaran.

"Jadi sekali lagi, kawan-kawan industri yang menaruh kepedulian sosial, sambil memperluas, mempermudah kelancaran transaksi pembayaran virtual, digital dan sejalan dengan visi BI yang sudah ada di blue print sistem pembayaran 2025," ujarnya.


Sumber: Detik.com

Tags