Mudik Dilarang, 9 Titik di Jatim Mulai Diperketat



Surabaya - Presiden Joko Widodo telah menetapkan larangan mudik guna menekan angka kasus Corona. Pemprov Jatim akan memperketat 9 titik akses masuk wilayah Jatim.

"Jadi mulai besok sudah ada larangan mudik. Kita akan memperketat akses masuk ke Jatim," kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (23/4/2020).

Khofifah menyebutkan 9 titik akses masuk Jatim yang akan diperketat. Yakni di Banyuwangi (Ketapang), Bojonegoro (jalur Blora Jateng), Tuban (jalur dari Rembang), dua titik di Ngawi, Magetan, Ponorogo (jalur dari Wonogiri), dan Pacitan.

"Ada 9 titik yang disolidkan mulai pukul 00.00 WIB nanti. Itu artinya akan memberi ruang mereka yang melintas/mudik melalui perbatasan tetap akan dalam koordinasi pemeriksaan berlapis yang ketat," tegasnya.

Terlepas dari pengetatan di 9 titik masuk, Jatim juga sudah mempunyai banyak ruang observasi untuk menangani warga yang terlanjur mudik. Ruang observasi itu bahkan sudah ada hingga tingkat desa.

Hingga saat ini, total desa/kelurahan di Jatim yang menyiapkan ruang observasi mencapai 7.350 atau 86,3 persen. Dari jumlah itu, 406 ruang observasi terpakai dan ada 2.521 orang yang dikarantina.


Sumber: Detik.com