5 Niat Murni yang Bisa Kamu Lakukan Selama Ramadhan



Jakarta - Tak terasa bulan suci Ramadhan penuh berkah telah tiba. Di bulan Ramadhan ini, yuk perbanyak pahala dengan saling berbagi dan menebar kebaikan, seperti Niat Murni yang dilakukan pasangan artis Ayudia dan Ditto Ramadhan beberapa waktu lalu.

Ayudia dan Ditto Ramadhan menyumbangkan paket Lebaran seperti pakaian, makanan pokok, dan alat salat untuk yatim dan duafa di Yayasan Al-Banna Mufakat Indonesia. Tentu sumbangan tersebut akan sangat membantu bagi yatim dan dhuafa.

Kamu juga bisa mengikuti apa yang dilakukan pasangan artis Ayudia dan Ditto Ramadhan, lho. Biar semakin berkah, kamu bisa lakukan 5 hal simpel Niat Murni berikut ini.

1. Niat Murni Pribadi

Banyak kegiatan Niat Murni yang dapat dilakukan selama bulan Ramadhan agar bulan ibadahmu lebih berkah, misalnya rajin membaca Alquran, memperbanyak salat sunah, mengikuti acara keagamaan.

2. Niat Murni untuk Keluarga

Di rumah tentu ada anggota keluarga, bukan? Nah selama Ramadhan, ada banyak Niat Murni yang bisa dijalankan mulai dari membantu menyiapkan makanan sahur dan berbuka, membangunkan anggota kelurga untuk ikut sahur, serta mengajari anak atau saudara membaca Alquran.

3. Niat Murni untuk Teman

Meski tidak bertemu langsung, namun masih tetap banyak Niat Murni yang bisa diberikan kepada teman, contohnya seperti menjaga tali silaturahmi dengan cara berhubungan melalui video call, membangunkan teman saat sahur, atau mengirim paket makanan untuk berbuka melalui fasilitas pengantaran online.

4. Niat Murni untuk Komunitas

Salah satu cara menjalankan Niat Murni untuk komunitas adalah dengan berbagi takjil dan sembako. Mungkin tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya, namun pada masa PSBB ini kegiatan berbagi takjil dan sembako bisa tetap dilakukan di sekitar rumah seperti komunitas remaja masjid, anak-anak tetangga, dan sebagainya.

Tapi perlu diingat, ketika menjalankan Niat Murni untuk komunitas, tetap utamakan social distancing ya! Caranya dengan tetap memakai masker, cuci tangan sehabis berbagi kepada komunitas, dan utamakan komunitas yang dekat-dekat dulu, ya!

5. Donasi

Terakhir adalah berdonasi. Tidak ada yang menyangka kalau situasi sulit akan dihadapi selama Ramadhan tahun ini. Banyak pihak yang butuh bantuan salah satunya adalah tenaga medis. Mendonasikan sejumlah harta untuk para tenaga medis yang bergerak di garda terdepan merupakan salah satu Niat Murni pada masa sulit ini.

Selain itu, berdonasi juga bisa dilakukan kepada para pekerja informal serta pengemudi online yang terkena dampak akibat pandemi COVID-19 yang belum berakhir. Padahal, sebelum pandemi berlangsung, para pekerja informal dan pengemudi online sangat banyak membantu.

Yuk ucapkan terima kasih kepada pahlawan yang tanpa lelah terus berjuang di garda terdepan serta ikut aktif mendukung dengan ikutan berbagi melalui Program kolaborasi Bear Brand dan KitaBisa di niatmurni.kitabisa.com.

Di tengah pandemi ini, Bear Brand mengajak kamu buat ikutan Niat Murni lewat donasi di situs KitaBisa. Kolaborasi Bear Brand dan KitaBisa dapat membantu our everyday heroes yang harus tetap bekerja dan berjuang di garda terdepan untuk semua orang.

Nantinya setiap dana dari donasi yang kamu berikan akan disalurkan untuk para tenaga medis berupa dukungan nutrisi serta ojek online dan pekerja informal berupa paket sembako berisi kebutuhan dasar sehari-hari agar bisa menjalankan #NiatMurni mereka. 



Sumber: Detik.com