Bantu Hambat Pertumbuhan Kanker Usus Dengan Gosok Gigi 2 Kali Sehari



Riau Update – Penyakit kanker kembali merenggut korban dari dunia hiburan Indonesia. Kali ini aktor senior Henky Solaiman yang tutup usia karena kanker usus besar yang dia derita. 

Kanker memang salah satu penyakit mematikan yang kebanyakan telat dideteksi. Namun, sebenarnya ada cara mudah untuk membantu mencegah kanker usus. 

Tapi, peneliti di Columbia University mengungkapkan jika sepertiga kasus kanker usus berkaitan dengan bakteri penyebab kerusakan gigi. Oleh karena itu, jika kita bisa menjaga gigi tidak rusak, maka kecil kemungkinan kita akan terkena kanker usus. 

Nah, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah sikat gigi, lantaran dapat membunuh bakteri dan mencegah kerusakan gigi.

"Faktor-faktor lain seperti mikroba dapat berperan dalam kanker usus. Bahkan bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi dapat mempercepat pertumbuhan sel kanker. Bakteri yang ada di mulut itu dikenal dengan sebutan F. nucleatum,” kata penulis utama penelitian, Dr Yiping Han, profesor mikrobiologi di Columbia University, seperti yang Okezone kutip dari The Sun. 

Bakteri tersebut dinilai paling agresif. Dalam penelitian sebelumnya, Dr Han menemukan bakteri membuat molekul yang disebut FADA adhesion sehingga merangsang pertumbuhan sel kanker. Kini F. nucleatum dapat berinteraksi dengan sel kanker dan turut merangsang kanker usus. 

Bakteri tersebut membuat sel-sel usus non-kanker kekurangan protein. Akibatnya, tubuh memproduksi protein berlebih untuk memenuhi kekurangan tersebut dan dapat berdampak negatif untuk pertumbuhan sel kanker. 

"Kami mengidentifikasi umpan balik yang positif untuk menghambat perkembangan kanker usus. Kami mengusulkan model dua-hit, di mana mutasi genetik adalah hit pertama. Menghambat pertumbuhan bakteri F. nucleatum adalah hit kedua karena bakteri itu dapat mempercepat jalur pensinyalan kanker dan mempercepat pertumbuhan tumor,” pungkas Dr Han. 

Para ahli yang terlibat dalam penelitian tersebut mengatakan, mencegah bakteri F. nucleatum ke sel kanker dapat mengurangi risiko kanker usus. Oleh karenanya pertumbuhan bakteri itu harus diperlambat dengan cara rajin menggosok gigi minimal dua kali sehari.



Sumber: Okezone.com