News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Cara Atur Keuangan Ramadhan Selama Imbauan di Rumah Aja

Cara Atur Keuangan Ramadhan Selama Imbauan di Rumah Aja



Jakarta - Pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia berimbas ke perekonomian nasional dan termasuk ke penghasilan masyarakatnya. Belum lagi ditambah masuk di bulan Ramadan dan menjelang Lebaran yang linier dengan tingkat pengeluaran yang meningkat.

Untuk mengantisipasi kondisi yang lebih parah, masyarakat harus lebih bijak dalam mengatur keuangannya kini. Tips mengatur keuangan selama pandemi, termasuk menjalani Ramadan di rumah aja ini bisa dicoba.

Siapkan Mental
Ketika kondisi mental baik, masyarakat bisa lebih siap dalam menghadapi masalah baru yang bisa saja muncul akibat kondisi saat ini, seperti pengeluaran ekstra rumah tangga dan rasa bosan karena harus di rumah saja. Setiap orang harus menerima keadaan, termasuk jika tidak harus membeli baju Lebaran dan mudik tahun ini. Menyiapkan mental adalah pilihan pertama yang harus dilakukan. Apalagi di situasi pandemi ini, mental yang baik dan selalu berpikir positif dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Buat Daftar Pengeluaran Rutin
Kebutuhan primer maupun kebutuhan ekstra yang muncul untuk tetap tinggal di rumah saja harus didahulukan, seperti makanan, listrik, biaya internet dan suplemen. Pengeluaran untuk gaya hidup seperti nonton bioskop hingga liburan bisa dialihkan untuk kebutuhan ekstra yang muncul selama di rumah aja.

Bijak dalam Berbelanja
Hati-hati dengan panic buying atau belanja online yang justru membuat keranjingan berbelanja. Termasuk untuk belanja kebutuhan selama Ramadan dan Lebaran. Menahan keinginan untuk berbelanja barang -barang yang tidak diperlukan ialah langkah yang harus dilakukan setelahnya. Sebab tak ada yang tahu kapan pandemi ini akan berakhir dan ekonomi akan pulih kembali.

Tetap Berinvestasi
Ketika pengeluaran ekstra yang muncul akibat tetap #dirumahaja sudah disesuaikan, pastikan pula porsi dana untuk investasi. Jika memungkinkan, tambah juga porsi dana untuk membuat dana darurat yang sebelumnya tidak dimiliki.

Selain itu, meski sedang di rumah saja, masyarakat bisa memanfaatkan transaksi online untuk memenuhi kebutuhan harian maupun kebutuhan primer selama bulan Ramadan. Salah satunya bertransaksi melalui BRImo yang menjamin setiap transaksi dilakukan tetap aman dan mudah.
Kamu bisa tetap melakukan transaksi meski sedang di rumah aja melalui ponselmu. Seperti untuk mengisi pulsa, top up Gopay, bayar listrik PLN, bayar BPJS Kesehatan, bayar angsuran, bayar kartu kredit bank lain hingga untuk bayar asuransi.

Selain itu, setiap satu kali transaksi menggunakan BRImo, kamu akan mendapat tiga poin. Semakin banyak transaksi dan semakin banyak poin yang dikumpulkan, maka kesempatan mendapat hadiah semakin besar. Ada hadiah 1 unit Samsung Galaxy S20+, 4 unit Samsung A30, dan 41 Tabungan Rp 500 ribu buat program BRImo Ramadan Seru yang digelar hingga 31 Mei 2020 ini. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situsnya di sini.




Sumber: Detik.com

Tags