Erick Thohir Bicara Bedanya Dampak Corona dengan Krisis 1998



Jakarta - Virus Corona memberikan dampak yang besar ke berbagai sektor. Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, dampak pada sektor keuangan Corona berbeda dengan krisis pada tahun 1998 dan 2008.

"Keuangan, yang membedakan juga kondisi 1998 dan 2008 dibandingkan hari ini. Kita diawali oleh tadi mengenai kehidupan masyarakat, belum pada keuangan. Tapi keuangan ini tentu mau tidak mau akan terefek kalau ini terus melemah," katanya dalam sebuah diskusi online, Rabu kemarin (20/5/2020).

Bukan hanya itu, Corona juga berpengaruh pada geopolitik. Lanjut Erick, adanya Corona membuat masing-masing negara melindungi rantai pasoknya atau supply chain.

"Geopolitik sangat berubah di mana masing-masing negara protect dirinya masing-masing, supply chain-nya," ujarnya.

Erick bilang, pemerintah melakukan sejumlah langkah untuk menangkal dampak Corona itu. Dia menuturkan, di antaranya dengan menggratiskan listrik untuk pelanggan 450 VA dan diskon 900 VA subsidi.

"Dan ini nanti mungkin dari pemerintah langsung yang memutuskan bisa juga diperpanjang. Saya rasa masalah ini PLN juga menjadi sebuah hal penting untuk dilakukan," ujarnya.
Kemudian, bank BUMN juga melakukan restrukturisasi mencapai Rp 120,9 triliun di mana sebanyak Rp 87,3 triliun di antaranya untuk UMKM.

"Himbara kita sudah restrukturisasi sebesar Rp 120 triliun di mana UMKM hampir Rp 90 triliun," ujarnya.

BUMN Ikut Stabilkan Harga Pangan

Tidak hanya masalah listrik, BUMN juga terlibat dalam stabilisasi harga pangan. Erick bilang, stabilisasi harga pangan ini salah satunya dilakukan pada daging ayam yang harganya sempat merosot.

"Mengenai stabilitas stok dan harga pangan, pada saat ini kita sudah mendapat penugasan bagaimana membeli daging ayam kan kemarin harga sempat turun, daging ayam ini bisa disalurkan menjadi hal-hal dibutuhkan masyarakat seperti bansos tadi," katanya.

Tak hanya ayam, saat ini dirinya juga tengah mengkaji harga ikan. Harga ikan juga akan dibuat stabil oleh BUMN.

"Lalu kita sedang mempelajari ikan sekarang pada saat ini," imbuhnya.

Erick menjelaskan, peran BUMN lainnya adalah mendistribusikan beras hingga gula. Dia mengatakan, untuk mendistribusikan bahan pangan ini dirinya berdiskusi dengan Menteri Pertanian dan Menteri Perdagangan.

"Tentu peran lainnya berusaha mendistribusikan beras, gula dan ini sinergi Menteri Pertanian dan Menteri Perdagangan pada fokus ini kita kembali distribusinya saja," ujarnya.


Sumber: Detik.com