Ini Pentingnya Membaca Alquran di Tengah Pandemi Covid-19



Riau Update - Pandemi virus corona atau COVID-19 tak kunjung usai. Namun, di saat kondisi krisis seperti inilah kita harus tetap menjaga kesehatan jiwa dan raga agar terhindar dan mampu bertahan dari paparan virus tersebut. Bagi umat Islam, sangat dianjurkan membaca Alquran karena manfaatnya yang sangat luar biasa, apalagi di bulan Ramadhan. 

Selain pahalanya berlipat-lipat ganda, membaca Alquran juga bisa menjadi obat ampuh untuk menenangkan hati dan pikiran. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Dewan Keluarga Masjid (DKM) Masjid El Syifa Ciganjur, Ustad Hadi Saifullah. 

  Ustadz Hadi mengatakan, pada hakikatnya sebagai muslim sangat dianjurkan membaca Alquran kapan pun, di mana pun, dan tidak ada waktu khusus. "Ini sebagai bukti kecintaan kita kepada Allah SWT dan Nabi Muhamamd SAW," katanya belum lama ini.

Secara khusus, Ustadz Hadi mengatakan, memang ada hadist yang menyatakan bahwa ada anjuran membaca Alquran di masa-masa sulit atau krisis. Seperti sebuah hadist yang disampaikan oleh sahabat nabi, Abdullah bin Mas'ud, dia berkata, 

"Rasulullah SAW bersabda, ada dua obat bagi kalian (muslim yang sakit) yaitu madu dan Alquran." (HR Ibn Majah, Hakim). 

Selain itu, ada juga hadist lain yang menyatakan, "Nabi bersabda, berpegang teguhlah kalian dengan Alquran karena kalian tidak akan tersesat dan binasa selamanya (selama tetap teguh dengan Alquran)." (HR Thabrani). 

Di dalam Alquran sendiri disebutkan, "Dan kami turunkan Alquran yang menjadi obat dan Rahmat bagi orang-orang mukmin." (Al-Isra: 82). 

"Inilah yang menjadi landasan teologis bagi kaum muslimin bahwa dengan sering dan rutin membaca Alquran, Insya Allah wabah ini akan segera Allah akan hilangkan. Wallohu a'lam," pungkas Ustadz Hadi.



Sumber: Okezone.com