News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Jangan Main-main! Lelang Gula Dipantau Ketat Satgas Pangan

Jangan Main-main! Lelang Gula Dipantau Ketat Satgas Pangan



Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) merasa curiga dengan harga gula pasir yang tak kunjung turun. Dia menduga ada oknum yang berupaya memainkan harga demi mendapatkan keuntungan.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah akan memerintahkan Satgas Pangan untuk untuk mengawasi distribusi, terutama di pelelangan gula.

"Satgas Pangan sudah ditugasi untuk memonitor setiap saat, seperti daripada salah satu pelelangan gula pun dimonitor oleh satgas pangan," tuturnya saat konferensi pers virtual, Rabu (13/5/2020).
Meski begitu, Airlangga menilai tingginya harga gula lantaran ada kendala dari sisi impor, sehingga pasokan tidak mencukupi.

"Harga gula memang ada beberapa impor yang jadwalnya tertunda, karena beberapa daerah di negara lain ada pembatasan akibat lockdown," ucapnya.
Pemerintah sendiri juga akan mengalihkan dari gula rafinasi ke gula konsumsi untuk menambah stok. Diharapkan langkah itu bisa membantu menekan kenaikan harga.

Sebelumnya Jokowi menyoroti harga bawang merah dan gula pasir hingga saat ini masih tinggi. Dia curiga ada oknum yang memainkan harga.

Jokowi kembali menginstruksikan jajarannya untuk mencari penyebab kedua bahan pangan ini harganya tak kunjung turun.

"Saya ingin ini dilihat masalahnya di mana, apakah masalah distribusi atau stoknya kurang atau ada yang sengaja permainkan harga untuk sebuah keuntungan yang besar," tuturnya saat membuka rapat terbatas virtual, Rabu (13/5/2020).


Sumber: Detik.com

Tags