News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kualitas Hidup Manusia di Jakarta Paling Tinggi Se-Indonesia

Kualitas Hidup Manusia di Jakarta Paling Tinggi Se-Indonesia


Jakarta - Provinsi DKI Jakarta menjadi provinsi yang paling tinggi Indeks Pembangunan Manusia (IPM)-nya dengan angka mencapai 80,76. Angka tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang sebesar 80,47.

"Kinerja pembangunan manusia di Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2019 tercatat sebesar 80,76, meningkat dari tahun sebelumnya sebesar 80,47 dan merupakan IPM tertinggi di Indonesia," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dikutip dari Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2019, Selasa (12/5/2020).

Hal itu menunjukkan adanya kesempatan buat masyarakat Jakarta untuk mendapat berbagai pelayanan lebih baik. Mulai dari pelayanan kesehatan, pendidikan, dan peningkatan pendapatan.
Sebagai informasi, IPM merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia.

IPM menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya. Hal ini membuat IPM menjadi indikator yang digunakan untuk melihat perkembangan pembangunan dalam jangka panjang.

IPM dibentuk oleh tiga dimensi dasar yaitu umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan dan standar hidup layak. Umur panjang dan hidup sehat digambarkan oleh Angka Harapan Hidup saat lahir (AHH), yaitu jumlah tahun yang diharapkan dapat dicapai oleh bayi yang baru lahir untuk hidup, dengan asumsi bahwa pola angka kematian menurut umur pada saat kelahiran sama sepanjang usia bayi.

Pengetahuan diukur melalui indikator Rata-rata Lama Sekolah (RLS) dan Harapan Lama Sekolah (HLS). Rata-rata Lama Sekolah (RLS) adalah rata-rata lamanya penduduk usia 25 tahun ke atas dalam menjalani pendidikan formal. Harapan Lama Sekolah (HLS) didefinisikan sebagai lamanya (tahun) sekolah formal yang diharapkan akan dirasakan oleh anak pada umur tertentu di masa mendatang. Sedangkan standar hidup yang layak digambarkan oleh pengeluaran per kapita disesuaikan.


Sumber: Detik.com

Tags