Minggu Kedua Mei Modal Asing Masuk RI Rp 6,15 T



Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencatat kenaikan pada aliran masuk modal asing melalui surat berharga negara (SBN) di minggu kedua Mei 2020. Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan capital inflow pada Mei minggu pertama tercatat Rp 2,87 triliun angka ini terus meningkat ke minggu kedua.

"Kami pantau pada minggu kedua Mei ada inflow di SBN Rp 6,15 triliun dari periode 18 Mei - 20 Mei 2020," kata Perry dalam video conference, Kamis (28/5/2020).

Dia mengungkapkan mulai derasnya aliran modal masuk ini karena mulai meredanya kepanikan global terkait COVID-19 dan penanganan di Indonesia yang terus meningkat dan dinilai cukup baik meskipun jumlah kasus masih mengalami peningkatan.

Perry menjelaskan meskipun ada inflow, aliran modal asing di saham masih tercatat keluar. Hal ini disebabkan isu kondisi pasar saham global masih mempengaruhi pergerakan modal asing.

"Yang menjadi isu adalah mengenai saham masih mengalami outflow pada minggu kedua Mei senilai Rp2,72 triliun serta pada Minggu pertama Rp 3,19 triliun," tukas Perry.


Sumber: Detik.com