News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

PM Australia Sebut Tak Ada Bukti Virus Corona Berasal dari Lab di Wuhan

PM Australia Sebut Tak Ada Bukti Virus Corona Berasal dari Lab di Wuhan




Canberra - Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison mengatakan tak ada bukti yang menunjukkan bahwa virus Corona (COVID-19) berasal dari sebuah laboratorium di Wuhan, China.

Morrison mengaku tak memiliki informasi yang mendukung teori yang sebelumnya disampaikan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump itu.

"Tidak ada yang kami miliki yang akan menunjukkan bahwa itu kemungkinan sumbernya, meskipun Anda tidak dapat mengesampingkan apa pun saat ini," kata Morrison pada konferensi pers di Canberra ketika ditanya tentang komentar Trump, dilansir dari Reuters, Jumat (1/5/2020).

"Kami tahu itu dimulai di Cina, kami tahu itu dimulai di Wuhan, skenario yang paling mungkin yang telah diselidiki terkait dengan pasar satwa liar, tetapi itu adalah masalah yang harus dinilai secara menyeluruh," imbuhnya.

Hubungan Australia dengan China juga sempat memanas. Hal itu lantaran Morrison menyerukan penyelidikan global terhadap wabah virus Corona.

China menilai penyelidikan itu merupakan propaganda pimpinan AS terhadap China. Sementara Morrison mengatakan dunia perlu memahami dengan tepat apa yang terjadi untuk mencegah terulangnya wabah yang sejauh ini telah menewaskan rautsan ribu orang dan menutup sebagian besar ekonomi global.

"Itulah mengapa sangat penting untuk memahami apa yang terjadi, untuk memastikan bahwa kita dapat mencegah bencana global yang luas seperti itu terjadi lagi," kata Morrison.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat Donald Trump meyakini bahwa virus Corona (COVID-19) berasal dari laboratorium virologi China. Trump bahkan mengklaim memiliki bukti soal itu.

Trump pada Kamis (30/4) lalu mengaku sudah melihat bukti yang memberinya 'tingkat kepercayaan yang tinggi' jika virus mematikan itu berasal dari Institut Virologi Wuhan, China. Namun, Trump enggan membeberkan bukti yang dimilikinya.

"Ya, ya sudah," katanya, menolak untuk memberikan spesifik.

"Aku tidak bisa memberitahumu itu. Saya tidak diizinkan memberi tahu Anda tentang itu," imbuh Trump.

Institut Virologi Wuhan yang didukung negara China pun menampik tuduhan terhadapnya. Pejabat AS lainnya juga meremehkan kemungkinan bahwa virus Corona berasal dari laboratorium China. 
Kebanyakan ahli juga percaya virus itu berasal dari pasar yang menjual satwa liar di Wuhan dan melompat dari hewan ke manusia.



Sumber: Detik.com

Tags