News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Rp 19,4 T Saham di Pasar Modal Bakal di-Buyback

Rp 19,4 T Saham di Pasar Modal Bakal di-Buyback



Jakarta - Untuk menjaga nilai saham dari kejatuhan saat masa pandemi Corona, para perusahaan tercatat di pasar modal melakukan pembelian kembali (buyback) sahamnya. Aksi itu dilakukan baik oleh emiten BUMN maupun swasta. 

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat hingga posisi 13 Mei 2020 sudah ada 67 emiten yang akan melakukan buyback. 12 di antaranya merupakan BUMN. BEI menyebutnya sebagai buyback Kondisi Lain.

"Bursa menyambut baik perusahaan yang sudah menyampaikan Keterbukaan Informasi mengenai rencana buyback dalam Kondisi Lain. Sampai dengan hari kemarin (13 Mei 2020), 12 BUMN dan entitas anak BUMN serta 55 private company telah menyampaikan rencana buyback," kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna Setia kepada awak media, Kamis (14/5/2020).

BEI mencatat total nilai buyback dari 67 emiten tersebut mencapai Rp 19,4 triliun. Hingga saat ini 5,4% dari nilai itu sudah direalisasikan.

"Sehingga masih tersisa dana yang siap untuk digunakan pada window period buyback Kondisi Lain ini sebesar 94,6%," ujarnya.

Nyoman mengatakan, buyback Kondisi Lain itu penting untuk mengurangi dampak pasar yang berfluktuasi signifikan. BEI dan otoritas Pasar Modal yakin akan ada perusahaan tercatat lainnya yang akan melakukan buyback.


Sumber: Detik.com

Tags