News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Rutin Minum Teh Ternyata Dapat Ubah Gen Kita

Rutin Minum Teh Ternyata Dapat Ubah Gen Kita



Riau Update - Siapa yang suka minum teh? Memang, teh menjadi salah satu minuman yang paling banyak digemari, karena selain rasanya yang nikmat, teh juga sangat baik bagi kesehatan. 

Dengan rutin meminum teh, maka risiko terkena serangan jantung dan hipertensi akan berkurang. Pasalnya, teh menjadi salah minuman kaya akan antioksidan, yang berfungsi untuk mencegah infeksi pada kandung kemih dan membantu melawan jenis kanker tertentu 

Sebuah penelitian baru menunjukkan efek biologis dari teh dapat meluas ke tingkat genetik. Minum teh bisa mengubah DNA yang tadinya dapat berperan dalam kerentanan penyakit dan kesehatan secara keseluruhan. 

Dalam yang dipublikasikan di Human Molecular Genetics, minum teh untuk wanita dikaitkan dengan perubahan epigenetik di 28 wilayah gen yang berbeda yang diketahui berinteraksi dengan metabolisme kanker atau estrogen. 

Studi mengamati sampel DNA dari lebih dari 3.000 orang dewasa yang berpartisipasi. Seiring dengan perilaku diet dan gaya hidupnya, partisipan melaporkan seberapa sering mereka meminum kopi dan teh. Analisis disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, status merokok, serta efek kopi dan teh. 

Weronica Ek, penulis peneliti utama di departemen imunologi, genetika dan patologi Universitas Uppsala mengatakan bahwa sejumlah penelitian telah menunjukkan mengonsumsi teh dapat berperan dalam menekan perkembangan tumor, mengurangi peradangan dan menurunkan kadar estrogen pada wanita. 

"Perubahan epigenetik ini mungkin memang menjadi salah satu mekanisme di balik dampak kesehatan yang dilaporkan," katanya seperti yang dilansir dari laman Time. 

Dia mengatakan, penting untuk diingat bahwa dalam penelitian tentang manfaat kesehatan dari kopi dan teh, banyak faktor lain yang biasanya terlibat. Dalam penelitian ini, peminum kopi lebih banyak merokok daripada peminum teh, sehingga terlihat peminum teh lebih sehat dibanding peminum kopi.



Sumber: Okezone.com

Tags