Sebelum Bangkrut, Toko Ritel AS Bagikan Bonus Rp 14 M ke Para Bos



Jakarta - Salah satu peritel asal Amerika Serikat (AS) JCPenney tinggal menghitung hari menuju kebangkrutan. Perusahaan mengumumkan memberikan bonus US$ 1 juta atau lebih yang setara dengan Rp 14,8 miliar (kurs Rp 14.800/US$) untuk empat eksekutif tertinggi.

Padahal JCPenney tak mampu membayar utang jatuh tempo sebesar US$ 12 juta pada 15 April. Kemudian jatuh tempo kedua sebesar US$ 17 juta. Tenggat waktu yang harus diselesaikan manajemen akan berakhir Kamis dan Jumat pekan ini.

Tetapi perusahaan pada Senin malam mengumumkan telah membayar bonus US$ 4,5 juta kepada CEO Jill Soltau, dan bonus masing-masing US$ 1 juta untuk CFO Bill Wafford, Chief Merchant Michelle Wlazlo dan Chief Human Resources Officer Brynn Evanson. JCPenney mengatakan pemberian bonus itu dirancang untuk menjaga talenta terbaiknya.

"Di JCPenney, kami membuat keputusan yang tangguh dan bijaksana untuk melindungi masa depan perusahaan kami dan menavigasi lingkungan yang tidak pasti, termasuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mempertahankan tim manajemen kami yang berbakat," kata pernyataan perusahaan dilansir CNN, Kamis (14/5/2020).

Di bawah rencana itu, eksekutif harus membayar 80% dari bonus mereka jika mereka mengundurkan diri sebelum 31 Januari 2021. Mereka harus membayar 20% lainnya jika sasaran kinerja berbasis tonggak tertentu tidak tercapai.

Mereka juga harus kehilangan hak untuk rencana bonus tahunan atau penghargaan insentif jangka panjang untuk tahun fiskal saat ini, serta kehilangan semua ekuitas atau opsi yang beredar untuk penghargaan sebelumnya. Tetapi bonus untuk tahun fiskal ini tidak mungkin mempertimbangkan masalah keuangan perusahaan, dan setiap pemegang saham JCPenney (JCP) kemungkinan akan musnah dalam kebangkrutan.

Namun perusahaan itu telah membuat kemajuan untuk membalikkan perusahaan sebelum pandemi COVID-19 memaksanya untuk menutup sebagian besar toko.

"Mempertahankan kontinuitas kepemimpinan akan terus menjadi penting untuk masa depan kesuksesan jangka panjang perusahaan kami. Program kompensasi kami sejalan dengan perusahaan-perusahaan lain dalam situasi yang sama dan selaras dengan sasaran kinerja berbasis tonggak untuk terus memberi insentif kepada tim kami untuk mendorong hasil," ujarnya.

Pengajuan kebangkrutan seringkali mencakup pemutusan hubungan kerja (PHK) yang mendalam. Dalam banyak kasus, karyawan yang diberhentikan tidak dapat menerima pembayaran pesangon yang biasanya akan mereka terima dengan hilangnya pekerjaan mereka.

Jika ada eksekutif yang harus membayar bonus, uang akan disisihkan untuk membayar pesangon. Tetapi ada sejumlah karyawan JCPenney yang bisa kehilangan pekerjaan mereka jika toko tutup sebagai bagian dari reorganisasi. Perusahaan ini memiliki sekitar 90.000 karyawan pada 1 Februari.

Awal pekan ini, 16 toko JCPenney dari hampir 850 dibuka kembali secara nasional. Sedangkan 25 pembukaan lainnya diumumkan Rabu dan ada 13 toko lain yang mungkin mengantar ke sisi jalan karena lokasi tidak memungkinkan pembeli masuk ke dalam toko.



Sumber: Detik.com