Toko Rokok di Los Angeles Meledak, 11 Pemadam Kebakaran Terluka



Los Angeles - Sebuah toko rokok komersial di kota Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS) terbakar dan meledak pada Sabtu (16/5). Sebelas petugas pemadam kebakaran yang berusaha memadamkan api terluka, tiga di antaranya kritis.

Seperti dilansir AFP, Minggu (17/5/2020) kepala Departemen Pemadam Kebakaran Los Angeles Ralph Terrazas mengatakan bahwa para petugas pemadam kebakaran berusaha memasuki gedung untuk melawan apa yang awalnya dianggap sebagai kobaran api kecil. Ketika mereka memperhatikan bahwa tekanan asap meningkat, mereka mengungsi.

Dia mengatakan ledakan terjadi ketika petugas pemadam kebakaran meninggalkan gedung dari atap dan lantai dasar.

"Menurut sebuah penuturan saksi bahwa petugas pemadam kebakaran kami menuruni tangga udara dari atap dengan mantel terbakar," kata Terrazas.

Walikota Los Angeles Eric Garcetti mengatakan tiga petugas pemadam kebakaran memiliki luka kritis, tetapi tidak sampai mengancam jiwa. Ada yang mengalami cedera serius, sedangkan sisanya memiliki tingkat luka bakar yang bervariasi.

"Tidak ada gejala cedera ledakan tetapi ada bukti potensial inhalasi bahan kimia," kata Garcetti.
"Kabar baiknya adalah, semua orang akan melewatinya," tambahnya.

Terrazas mengatakan petugas pemadam kebakaran melihat tabung butana di dalam gedung dan di luar di jalan, tetapi tidak jelas apa yang menyebabkan kebakaran.

"Semuanya sedang diselidiki oleh tim pembakaran kami, yang bisa saya katakan pada saat ini adalah bahwa penyebabnya sedang diselidiki," katanya.

Pejabat pemadam kebakaran mengatakan gedung tempat ledakan terjadi menaungi sebuah bisnis - Smoke Totes Wholesale Distribution - yang menjual perlengkapan merokok dan vaping dan memasok bisnis lain yang membuat minyak madu butana, sebuah resin yang sangat mudah terbakar yang digunakan untuk menghirup ganja.

Beberapa etalase di daerah menghitam karena kekuatan ledakan. Sementara itu, ada satu truk pemadam kebakaran yang atapnya hangus dan ditutupi dengan puing-puing. Asap tebal dari kobaran api terlihat dari jauh.


Sumber: Detik.com