Transportasi Boleh ke Luar Kota tapi Jangan Mudik, Eh Gimana?



Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa mudik tetap tegas dilarang pemerintah di tengah pandemi Corona. Namun, menurutnya transportasi di lapangan tetap boleh berjalan ke luar daerah dengan syarat yang ketat.

"Perlu diingat juga bahwa yang kita larang itu mudiknya, bukan transportasinya," kata Jokowi mengawali rapat terbatas yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (18/5/2020).
Dia menegaskan bahwa transportasi tetap diizinkan karena banyak urusan tertentu masih butuh mobilitas ke luar daerah. Mulai dari urusan arus logistik, urusan pemerintah, hingga urusan ekonomi yang esensial. Dengan catatan peneraparan protokol kesehatan yang ketat.

"Karena transportasi untuk logistik, untuk urusan pemerintahan, untuk urusan kesehatan, untuk urusan kepulangan pekerja migran kita, dan juga urusan ekonomi esensial itu tetap masih bisa berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat," ujar Jokowi.
Sebelumnya, Jokowi mengatakan pemerintah akan berfokus pada kebijakan larangan mudik untuk pekan ini dan pekan selanjutnya. Selain itu, dia meminta jajarannya berfokus mengenai pengendalian arus balik.

"Dalam minggu ini maupun minggu ke depan, ke depannya lagi pemerintah masih akan tetap fokus pada larangan mudik dan mengendalikan arus balik," ujar Jokowi.


Sumber: Detik.com