Vaksin Covid-19 Made in China Siap Dipasarkan Akhir Tahun


Ilustrasi/Foto: AP/Sakchai Lalit

Jakarta - Vaksin Corona buatan China siap dipasarkan paling cepat akhir tahun ini hingga awal tahun depan. Pernyataan itu diungkap oleh Komisi Pengawasan Aset dan Administrasi (SASAC) milik negara China.

Dalam uji coba, lebih dari 2.000 orang telah menerima vaksin yang dikembangkan oleh Wuhan Institute of Biological Products dan Beijing Institute of Biological Products.

"Vaksin sudah siap untuk pasar paling cepat pada akhir tahun ini atau awal 2021," ungkap posting SASAC di akun media sosial China, WeChat pada 29 Mei dilansir dari Reuters, Minggu (31/5/2020).

Vaksin itu telah memasuki uji klinis tahap II. Kedua pengembang vaksin itu berhubungan dengan grup farmasi milik negara Sinopharm yang manajemennya diawasi oleh SASAC.

Lini produksi Beijing Institute of Biological Products akan memiliki kapasitas manufaktur mencapai 100 juta hingga 120 juta dosis.

China memiliki lima vaksin Corona dalam uji coba pada manusia. Sampai saat ini belum ada perusahaan yang bersedia memberikan komentar terkait vaksin tersebut.


Sumber: Detik.com