News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Waktu Ideal Menyeduh Teh

Waktu Ideal Menyeduh Teh



Riau Update - Minuman antioksidan yang paling terkenal dan disukai masyarakat bisa jadi adalah teh. Memang, kita mengetahui bahwa teh adalah hasil menyeduh daun atau pucuk yang telah keringkan. 

Tapi jangan salah, istilah teh juga sering digunakan untuk minuman yang dibuat dari buah, rempah-rempah, atau tanaman obat lainnya. Minuman ini diolah dengan teknik infusi atau dibuat dengan cara menyeduh. 

Menurut sejarahnya, minuman ini berasal dari Negeri Tirai Bambu China yang kemudian meluas ke daratan Jepang dan Negeri Barat. Di Jepang sendiri, teh menjadi sebuah budaya dan bagian dari seni yang ditampilkan dalam Japanaese Tea Ceremony atau dikenal dengan sebutan Cha-no-yu. 

Budaya mengonsumsi teh juga dilakukan oleh orang-orang di Negeri Barat. Masyarakat Inggris bahkan mengklaim teh sebagai minuman nasional. Saking maniaknya, mereka juga memiliki tradisi minum teh di sore hari yang dikenal dengan sebutan Afternoon Tea dan dulunya hanya dilakukan oleh para bangsawan. 

Seiring berjalannya waktu, teh mulai diterima oleh semua kalangan dan menjadi salah satu minuman favorit yang dikonsumsi secara rutin, seperti halnya kopi. 

Dr Stuart Farrimond, seorang ahli dalam ilmu pembuatan teh, masyarakat Internasional khususnya Inggris, masih sering melakukan kesalahan saat meracik secangkir teh. Demikian seperti diansir dari situs stuartfarrimond. 

Farrimond mengatakan, teh yang ideal harus diseduh selama 5 menit untuk mendapatkan nutrisi yang sehat dan cita rasa yang lebih lezat. Selain itu, bentuk dan warna cangkir yang digunakan saat menyeduh teh juga dapat memengaruhi cita rasa minuman. 

“Teh adalah sumber antioksidan yang sempurna, dan dapat membantu tubuh kita melawan berbagai penyakit berbahaya. Jadi sangat penting menyeduhnya dengan waktu yang tepat,” tutup Farrimond. 

Berdasarkan data yang disampaikan Farrimond, lebih dari 165 juta penduduk Inggris mengonsumsi teh setiap harinya, dan 96% dari angka tersebut membuat racikan teh dari produk teh celup.



Sumber: Okezone.com

Tags