500 Tenaga Kerja China Masuk Sulawesi Tenggara



Jakarta - Masyarakat Sulawesi Tenggara masih menolak 500 tenaga kerja asing (TKA) China yang mau dipekerjakan di Konawe. Ratusan tenaga kerja ini akan dipekerjakan di pembangunan pabrik smelter nikel.

Virus Corona menjadi salah satu kekhawatiran masyarakat. Pemerintah pusat dan daerah sebetulnya sudah sepakat mengizinkan para pekerja ini masuk ke Konawe. Kedutaan Besar China untuk Indonesia pun buka suara soal hal ini.

Konselor Bidang Ekonomi dan Bisnis Kedubes China untuk RI Wang Liping menegaskan bahwa para pekerja-pekerja ini akan dipastikan negatif dari virus Corona, meskipun China diketahui sebagai episentrum awal virus ini. Dia menyatakan perusahaan China akan tunduk pada semua aturan yang berlaku di Indonesia.

Dia juga menegaskan para pekerja ini merupakan pekerja-pekerja teknis dan dengan kontrak kerja yang sebentar.

"Sebelum kedatangannya, mereka akan jalani tes COVID-19 dan memiliki sertifikat kesehatan. Kelompok ini merupakan pekerja teknik, dalam jangka waktu setengah tahun. Tiongkok akan tunduk pada aturan di Indonesia," ungkap Wang dalam video conference bersama wartawan, Rabu (24/6/2020), mengutip Detik.com.

Wang meminta agar masyarakat tak usah khawatir dengan potensi para TKA China membawa virus COVID-19. Menurutnya, para perusahaan ini akan menerapkan cara menghindari virus Corona seperti di China yang diklaim sukses menghadapi pandemi.

Dia kembali menegaskan para pekerja akan dinyatakan bersih dari virus Corona. Sebelum terbang ke Indonesia, para TKA China akan dites COVID-19, mereka juga akan melindungi dirinya selama perjalanan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Mungkin ada teman-teman yang khawatir terhadap risiko personel dari luar negeri, yang ingin saya sampaikan perusahaan Tiongkok telah serap pengalaman lawan pandemi yang sukses. Sebelum masuk ke Indonesia, mereka juga akan melakukan tes COVID-19, dan melindungi diri sendiri selama perjalanan supaya bebas virus. Maka teman-teman bisa lega hati," papar Wang.

Wang menjelaskan para tenaga kerja ini akan segera didatangkan bertahap ke Indonesia, setiap perjalanan juga akan didampingi tenaga medis. Namun, dia tidak menyebut kapan waktu tepatnya. Yang jelas saat ini tenaga kerja China yang jumlahnya ratusan ini sudah diizinkan masuk Konawe.

"Diketahui bahwa pekerja Tiongkok sudah disetujui pemerintah pusat dan pemerintah daerah di taman industri di Sulawesi. Mereka akan datang secara bertahap dalam waktu dekat, dan akan datang didampingi staf medis," ungkap Wang.

Wang sendiri mengklaim bahwa kedatangan para tenaga kerja ini juga akan memberikan keuntungan bagi Indonesia. Kegiatan dan pemulihan ekonomi di daerah sekitar proyek bakal menggeliat kembali.

Keuntungan lainnya, dengan adanya pengiriman TKA China ini, disebutkan akan terjadi transfer teknologi. Sebagai timbal baliknya, China juga akan menarik putra daerah untuk mendapatkan pendidikan di China.

"Pemulihan aliran personel ini kami yakini memiliki banyak keuntungan untuk buka kembali kegiatan dan pemulihan ekonomi. Tiongkok melakukan pelatihan kerja tiap minggu, dan secara berkala memberikan kursus pelatihan ke Tiongkok bagi para pekerja Indonesia," kata Wang.