Ini Hasil Uji Swab dan Rapid Tes Ratusan Warga di Pasar Agus Salim



RIAUUPDATE.COM, PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menggelar swab dan rapid test massal di Pasar Agus Salim, Jumat lalu. Ada 254 warga yang ikut swab dan 160 warga menjalani rapid test.

"Hasil rapid test semua non reaktif. Untuk hasil swab, Senin atau Selasa baru bisa dilihat," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, Maisel Fidayesi, Ahad (28/6/2020), dikutip Cakaplah.com.

Swab dan rapid test massal itu dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Sasaran uji swab dan rapid test massal ini Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang tercatat oleh tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru.

Selain ODP, pedagang dan pengunjung pasar diarahkan untuk melakukan rapid test dan swab. Tim mendirikan tenda di kawasan pasar itu. Petugas yang melakukan pemeriksaan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

Berita sebelumnya, Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT menyebut rapid test dan tes swab di fokuskan di pusat keramaian untuk menjaring Orang Tanpa Gejala (OTG) yang positif Covid-19. "Upaya kami untuk temukan, obati, dan sembuhkan (TOS). Sampai saat ini tes masih berjalan, sudah 150 orang yang mengikuti rapid test, dan hampir 200 orang yang tes swab," kata Walikota.

Tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Pekanbaru bersama Diskes Provinsi Riau menyediakan 300 alat rapid test dan 300 alat swab di tempat itu.

"Masih ada pedagang yang enggan untuk ikut, ini yang harusnya kita berikan edukasi. Kita berikan pemahaman kepada mereka ini salah satu upaya untuk memutus penyebaran Covid-19," jelasnya.