Konfirmasi Kadispenau, Pesawat Jatuh saat Akan Mendarat


Foto: pesawat tempur jenis Hawk 209 milik TNI AU jatuh di pemukiman padat penduduk Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Senin (15/6/2020).
RIAUUPDATE.COM,  Satu unit pesawat tempur jenis Hawk 209 milik TNI AU jatuh di pemukiman padat penduduk Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Senin (15/6/2020).

Kadispenau Marsma TNI Fajar Adriyanto mengatakan, pesawat tempur TNI AU jenis Hawk 209 Tail No TT 0209 dari skadron Lanud Rusmin Nuryadin Pekanbaru tengah melakukan latihan terbang secara rutin. 

"Kecelakaan terjadi saat pesawat akan mendarat kembali dari latihan rutin terjadwal, tapatnya pukul 08.13 WIB tanggal 15 Juni 2020. Lokasi 4 km dari ujung Runway 36, Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar-Riau," kata Fajar saat dihubungi Riaupos.co, Senin (15/6/2020).

Fajar menjelaskan, pilot peswat tersebut adalah Lettu Pnb Apriyanto Ismail dinyatakan berhasil selamat setelah keluar dari pesawat menggunakan kursi pelontar. Ia.memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. 

"Tidak ada korban jiwa. Pilot Lettu Pnb Apriyanto Ismail, sempat eject dan selamat," jelasnya.

Ia menyebut, pihaknya saat ini belum menjelaskan penyebab jatuhnya pesawat tersebut, begitupun kerugian yang ditimbulkan karena saat ini masih dalam proses investigasi.

"Kondisi pesawat saat ini  rusak berat (total lost), menimpa 2 rumah warga yang dalam kondisi kosong," tandasnya dilansir dari Riaupos.co