Penampakan 'Kapal Karam' di Pantai Sukabumi Terekam Google Maps



Penampakan benda mirip kapal karam yang terekam Google Maps di Pantai Cibangban Sukabumi.
Sukabumi  - Warganet Sukabumi heboh oleh penampakan benda mirip kapal yang karam di dasar lautan Pantai Cibangban, Desa Pasir Baru, Kecamatan Cisolok. Gambar itu disebut bersumber dari aplikasi peta Google Maps.

Posting-an salah seorang warganet bernama Akbar Alfiana N di salah satu grup media sosial Facebook itu ramai dikomentari warganet lainnya. Namun tidak ada satu pun komentar yang secara spesifik memberikan penjelasan terkait gambar tersebut.

Menelusuri kebenaran informasi tersebut dengan membuka aplikasi Google Maps. Lalu mengetik kata kunci 'Pantai Cibangban' ketika menggunakan tampilan dasar peta tersebut. Tidak terlihat gambar yang dimaksud. Namun, saat pengaturan Google Maps diubah ke citra satelit, barulah terlihat penampakan benda 'kapal karam'.

Ketika gambar diperbesar, benda itu memang mirip kapal. Gambarnya jelas seolah benda tersebut berada di dasar laut. Area citra satelit ini berada di kawasan pesisir Pantai Cibangban, Karang Aji dan Karang Hawu, yang satu kawasan di Teluk Palabuhanratu, Sukabumi.

Sekretaris Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Sukabumi Ujang SB mengaku kaget dengan adanya citra satelit yang menangkap bentuk yang memang mirip kapal karam.

"Bentuknya mirip kapal karam, tapi sampai saat ini, baik dari nelayan maupun sepengetahuan saya, belum ada laporan baik itu kapal di dasar laut yang karam atau kapal baru yang seperti itu," ucapnya, dikutip Detik.com.

Melihat kondisinya, Ujang menduga kapal itu berukuran cukup besar. "Kondisinya cukup besar, kalau memang pernah melintas pasti ada laporan ke kami dari nelayan. Namun sampai sejauh ini belum ada," kata Ujang.