Pohon Pisang Ini Punya 3 Tandan


Foto: Pohon pisang bertandan tiga di Kulon Progo
Kulon Progo - Pohon pisang milik Suwarsono (45) warga Kulon Progo jadi sorotan karena tak lazim. Pohon pisang ini nggak biasa karena memiliki tiga tandan.

"Sebulan lalu saya tahu ada dua bunga, tidak lama berselang muncul satu bunga lagi," kata Suwarsono kepada wartawan di rumahnya, Kedung Banteng, Kalurahan Temon Kulon, Kapanewon Temon, Kulon Progo, Selasa (23/6/2020), dikutip Detik.com.

Namun, Suwarsono tak menyangka dari dua bunga itu ternyata justru tumbuh tiga tandan. Dia mengakui memang rajin merawat pohon pisangnya itu dengan diberi pupuk kandang dan disiram air. Pisang yang berusia sebulan itu tinggal beberapa pekan lagi siap dipanen.

"Saya bawa bibitnya dari Lampung, di sana juga seperti ini," ujarnya.

Suwarsono bercerita pohon pisang itu berusia tiga tahun. Namun, selama dua tahun pertama pohon pisang itu hanya berbuah satu tandan seperti pada pohon pisang pada umumnya.

"Baru ini yang berbuah tiga tandan, sebelum hanya satu," terangnya

Suwarsono pun berencana tidak akan menjual pisangnya itu. Buah itu bakal dia konsumsi sendiri dan dibagikan kepada tetangga yang penasaran dengan pisang yang bertandan tiga itu.

"Dari panen sebelumnya, rasanya manis seperti pisang biasa," katanya.

Keberadaan pohon pisang bertandan tiga itu pun jadi perhatian warga sekitar. Banyak warga yang datang untuk melihat pohon tersebut dan berfoto dengan latar pisang bertandan tiga itu.

"Seumur saya, baru ini ada pisang sampai tiga tandan dalam satu pohon," kata warga Kokap, Kulon Progo yang datang untuk melihat pohon tersebut.