Sebanyak 400 Seniman di Riau Diusulkan Terima BLT Covid-19 dari Kemendikbud



PEKANBARU - Sebanyak 400 seniman di Provinsi Riau diusulkan oleh Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Riau untuk mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) terdampak Covid 19 ke Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Informasi ini diutarakan Kepala Disbud Riau, Raja Yoserizal Zen kepada CAKAPLAH.com, Selasa (30/6/20) di Gedung Daerah Pekanbaru.

"Kita usulkan 400 seniman dari 12 kabupaten/kota ke Kemendikbud. Namun yang terverifikasi oleh Tim Kurator Kemendikbud baru 150 orang," katanya, dikutip dari Cakaplah.com.

Ratusan seniman itu merupakan hasil pendataan yang dilakukan pihaknya di 12 kabupaten/kota.
Menurutnya angka seniman calon penerima BLT tersebut kemungkinan akan terus bertambah. Hal ini seiiring dengan proses verifikasi yang dilakukan Kemendikbud.

"Sekarang inikan masih proses verifikasi. Jadi ada kemungkinan jumlah penerimanya akan bertambah dari 150 seniman yang sudah diversifikasi itu," terangnya.

Yoserizal menjelaskan para seniman dari berbagai bidang seni itu akan menerima BLT dari Kemendikbud sebesar Rp1 juta per bulan.

"BLT itu akan ditransfer langsung ke rekening para seniman selama tiga bulan. Mulai bulan Mei, Juni dan Juli," benarnya.

Masih kata Yoserizal, dalam BLT ini Disbud Riau hanya sebatas memberikan informasi pendaftaran dan mengusulkan calon penerima BLT.

"Untuk pendaftarannya dilakukan para seniman sendiri melalui situs resmi Kemendikbud. Bantuan ini sangat berarti bagi para seniman. Karena saat pandemi Covid-19 ini, para seniman sulit berkreatifitas di tempat-tempat keramaian, yang berpengaruh terhadap perekonomian seniman," tutupnya.