Bertambah 1 Kasus Baru di Riau



JAKARTA - Kasus positif baru di Riau kembali bertambah satu orang. Total kasus positif saat ini di Riau saat ini berjumlah 240 kasus. Kemudian pasien sembuh juga bertambah satu orang, total 218 orang. Sedangkan total keseluruhan kasus meninggal masih 11 orang.

Juri Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto dalam kofrensi pers di Graha BNPB Jakarta menyebutkan, per hari ini Ahad (12/7/2020) hingga pukul 12.00 WIB, terdapat beberapa daerah melaporkan penambahan kasus baru dan ada juga provinsi sudah tidak ada lagi penambahan kasus. 

"Saudara-saudara hari ini terdapat 1.681 kasus baru dengan total 75.699 kasus. Sementara penambhan pasien sembuh sebanyak 919 dengan total seluruhnya 35.638. Sedangkan kasus meninggal sebanya 71 orang dengan total seluruhnya 3.606 kasus," kata Yuri, dikutip dari Riaupos.co.

Yuri menuturkan, dari gambaram data tersebut, membuktikan bahwa adanya penyebaran dan penularan vurus ditengah masyarakat. Baik penularan secara langsung maupun ditukarkan melalui orang tanpa gejala (OTK).

Selain itu, kata dia, kasus positif baru tersebut ditemukan karena pihaknya terus melakukan tressing dengan agresif dan melakukan pengujian swab spesiman secara masif baik pusat maupun daera-daerah lain. 

"Kasus positif ini tidak seluruhnya masuk dan dirawat di rumah sakit. Karena sebagian besar kasus ini didapatkan dari hasil kontak tressing terhadap kasus yang ditemukan," jelasnya.

Untuk itu, kata Yuri, diharapkan seluruh masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan sesuai yang tekah ditetapkan oleh pemerintah, seperti mencuci tangan, menjaga jarak dan menggunakan masker. 

"Untuk itu ikuti terus informasi terkait Covid-19 dengan benar. Dan selalu patuhi dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, gunakan masker yang menurut kita nyaman," pungkasnya.