Hari Ini Hotspot Kembali Terdeteksi di Riau



PEKANBARU - Akhir pekan, sebanyak 5 hotspot atau titik panas terdeteksi di provinsi Riau, Ahad (12/7/2020).

"Setelah beberapa hari nihil hotspot, hari ini kembali terpantau 5 hotspot di Riau," ujar Forecaster On Duty Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru Yudhistira Mawaddah.

Ia mengatakan, titik panas tersebar di 5 wilayah, yakni Kampar, Pekanbaru, Kuantan Singingi, Pelalawan dan juga Rokan Hilir. "Masing-masing satu titik," sebut Yudhistira,saat dikutip Cakaplah.com.

Yudhistira menjelaskan, dari jumlah tersebut, tak ada satupun yang berada di level tinggi. Kelima titik berada di level sedang. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut belum bisa dipastikan ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan.

"BMKG terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," cakapnya.

Terkait prakiraan cuaca, Yudhistira menyebutkan Riau masih berpotensi diguyur hujan.

"Pagi hari tadi potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Rokan Hilir dan sebagian Kota Dumai," ungkapnya.

Sementara itu pada siang hari cuaca cerah berawan, tak ada potensi hujan. Hujan berpotensi kembali mengguyur sebagian Riau pada sore hingga malam hari.

"Sore hingga malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Pelalawan, Indragiri Hulu, Kepulauan Meranti dan Kota Pekanbaru," katanya.