Homestay Marcopolo Dipastikan Telah Aman Oleh Dinkes


Pekanbaru - Homestay Marcopolo Jalan Riau telah aman untuk ditempati, hal ini disampaikan langsung Kepala Bidang Pencegahan dan pengendalian penyakit Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Maisel Fidayesi, S Farm, Apt, MM, Selasa (21/7), usai mendapatkan hasil swab tes dari karyawan Homestay Marcopolo.

Menurutnya, usai pihaknya melakukan trecking dan treasing kepada salah seorang pengunjung yang merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) yang dinyatakan positif Covid-19 dan sempat singgah di Homestay Marcopolo tersebut, maka Dinkes Pekanbaru melakukan test swab kepada tiga spesimen yang merupakan karyawan Homestay Marcopolo yang terbukti negatif Covid-19.

"Benar, kami telah melakukan uji swab kepada tiga orang yang ada dilokasi tersebut dan hasilnya dinyatakan negatif. Jadi Homestay Marcopolo aman untuk menerima tamu, karena tidak ada yang terindikasi Covid-19 disana. Bahkan, kami juga telah melakukan penyemprotan disinfektan di Homestay Marcopolo tersebut," ucapnya.

Lanjut Meisel, pengunjung yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut tidak terdeteksi mendapatkan Covid-19 di Homestay Marcopolo melainkan dari tempat lain yang sebelumnya ia kunjungi.

"Jadi gini, tugas kami Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru melakukan penelusuran kepada pasien yang telah dinyatakan positif Covid-19, kepada siapa ia melakukan kontak langsung serta dimana saja ia singgah. Jadi dia itu tidak mendapatkan penyakit tersebut di Homestay Marcopolo melainkan ditempat lain. Apalagi pasien tersebut merupakan warga Kabupaten Bogor yang datang dari kota asalnya menuju ke Jakarta, setelah itu datang ke Kota Pekanbaru dan melakukan perjalanan bisnis ke Kabupaten Kampar, setelah itu kembali ke Pekanbaru dan menginap di Homestay Marcopolo tersebut sebelum akhirnya pulang ke kota asal. Jadi dia hanya sempat singgah di Homestay Marcopolo,"tegasnya.

Selain itu, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru juga melakukan pengecekan secara langsung ke Homestay Marcopolo yang kini telah menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat dari sebelumnya.