News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

KKN-T di Pekanbaru Mahasiswa IPB Fokus Berkontribusi Atasi Covid-19

KKN-T di Pekanbaru Mahasiswa IPB Fokus Berkontribusi Atasi Covid-19



PEKANBARU - Di saat pandemi Covid-19 ini, mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB)  melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat melalui program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) di Pekanbaru, Riau. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang terkena dampak Covid-19, melalui program pemberdayaan masyarakat dalam mengatasi masalah Covid-19.

Kegiatan KKN-T IPB di Pekanbaru secara daring dengan tema Pemanfaatan Sumber Daya Wilayah dan Pemberdayaan Masyarakat melalui Techno Social Entrepreneurship untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pada Masa Pandemi Covid-19.

Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Peternakan IPB Idat Galih Permana mengharapkan, mahasiswa dapat membantu memberikan pemahaman serta solusi kepada masyarakat bagaimana cara beradaptasi dengan kebiasaan baru serta melakukan pemberdayaan masyarakat yang berkaitan dengan sosial, ekonomi, pertanian dalam arti luas, industri dan lingkungan secara terintegrasi. 

"Semoga mahasiswa kami ini dapat membantu masyarakat di Kota Pekanbaru," katanya, saat dikutip Riaupos.co.

Sementara itu, perwakilan Pemerintah Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian mengungkapkan, Kota Pekanbaru tidak memiliki sumber daya alam (SDA), berbeda dengan kabupaten/kota yang ada di sekitar Pekanbaru. Di Kota Pekanbaru, yang lebih diiutamakan adalah kegiatan perdagangan, jasa, dan industri. 

"Bapak Walikota Pekanbaru saat ini sedang gencar-gencarnya untuk mewujudukan Pekanbaru sebagai pusat investasi, yang nantinya dapat mensejahterakan masyarakat,” ujarnya. 

Zulfami menjelaskan, saat ini Pekanbaru telah mengeluarkan perwako 104/2020 tentang berperilaku hidup bersih dan sehat sebagai tindak lanjut setelah lebih kurang 3 bulan menjalankan pembatasan berskala besar. Kepada mahasiswa yang akan melakukan KKN-T di Kota Pekanbaru, ia berharap agar memperhatikan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 yang telah ditetapkan Pemerintah Kota Pekanbaru. 

"Kami berharap mahasiswa KKN ini nantinya menjadi pionir atau agen informasi, memberikan penyadaran dan advokasi kepada masyarakat agar  mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19 di Pekanbaru,” harapnya.

Adapun program-program yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa IPB Pekanbaru dimulai dari kelompok 1 yang akan melakukan KKN di Desa Limbungan Baru dengan tema Peningkatan Perekonomian Masyarakat Pasca Covid-19 dengan pemanfaatan halaman rumah yang mencakup empat buah program yaitu sosialisasi menjaga kebersihan dan pencegahan Covid-19, program sehat bergizi, kebun keluarga, serta pengembangan usaha peternakan ayam dan pengelolaan limbah. 

Program yang akan dilaksanakan oleh kelompok 2 KKN-T IPB Pekanbaru yang bermitra dengan Relawan Muda Riau,  yaitu Digital Edukasi Poster (DASTER) dan video ragam usaha new normal (Virus Normal), lalu distribusi masker, sabun dan handsanitizer (Tri Masketir), program usaha mikro kecil menengah generasi unggul (Paus Gundul), webinar pelajar Pekanbaru (Wajan Baru), serta hidroponik mudah dan inovatif (Rok Mini).

Kelompok 3 KKN-T IPB Pekanbaru memiliki tema Optimalisasi Tanggap Regulasi New Normal Masyarakat Kelurahan Tangkerang Labuai secara Partisipatif dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Kelurahan Tangkerang Labuai. Program kerja yang terdapat didalamnya yaitu sosialisasi protokol pencegahan penularan Covid-19 dan regulasi new normal  (Sirine-19), sedia sabun cuci tangan (Duit), tanaman obat keluarga (Toke), gerakan bagi masker (G-Mask), mesin handsanitizer otomatis dengan sensor (Sinister), relawan penanganan Covid-19 (Lawan 19).

Dengan beragamnya program kerja kreatif dan inovatif dari mahasiswa KKN-T IPB 2020 di Kota Pekanbaru, Idat berharap agar mahasiswanya tetap menjalankan program sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku dan selalu menjunjung integritas sesuai tagline IPB yaitu Inspiring Innovation with Integrity.

Tags