Pengelola Pastikan Sukaramai Trade Center Pekanbaru Steril Covid-19




PEKANBARU - Hasil rapid dan swab test massal yang digelar jajaran Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru di Pasar Agus Salim, akhir Juni lalu sebagian besar sudah keluar.

Dari 150 sampel swab yang keluar, hasilnya hanya satu positif, yakni AP yang merupakan karyawan counter sport station Mal Pekanbaru.

Plh Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy menyebut, pihaknya masih menunggu secara keseluruhan sampel swab yang telah dikirim ke laboratorium biomolekuler RSUD Arifin Achmad.

"Yang sudah keluar 150 sampel," jelasnya sambil mengatakan satu sampel diantaranya dinyatakan positif covid-19. Dia adalah AP (23) seorang pegawai toko olahraga, dikutip dari Cakaplah.com.

Lokasi rapid dan swab tes massal yang digelar saat itu berdekatan dengan Sukaramai Trade Center (STC) Pekanbaru. Meski berdekatan, pengelola pusat perbelanjaan itu memastikan karyawan dan pengunjung yang datang ke STC steril virus corona atau Covid-19.

"Di STC, baik karyawan, pedagang maupun pengunjung tidak ada ditemukan positif Covid-19," kata Kepala Cabang PT Makmur Papan Permata (MPP) Pekanbaru Suryanto, Kamis (9/7/2020).

Kata dia, STC saat ini beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari disiapkannya wastafel pencuci tangan dan pemeriksaan suhu tubuh di pintu masuk, hingga kewajiban mengenakan masker.

Hal itu kata dia sesuai dengan kewajiban yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha jika ingin beroperasi di Kota Pekanbaru dalam masa transisi menuju new normal.

"Kita menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Ini berlaku untuk semuanya," kata dia.