Petugas Coklit Wajib Protokol Kesehatan



Pangkalan Kerinci - Untuk memastikan masyarakat kota Pangkalan Kerinci, kabupaten Pelalawan, tercatat sebagai pemilih dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Pelalawan tahun 2020. 

Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Pangkalan Kerinci dan Panwaslu kelurahan dan desa (PKD) turun langsung melakukan pengawasan maksimal pada Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) saat Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Daftar Pemilih.

"Kami dari Panwaslu Kecamatan Pangkalan Kerinci bersama para PKD di seluruh turun langsung ke lapangan mengawal dan sekaligus ikut mengawasi PPDP melakukan pencoklitan dengan cara door to door, " ujar Ketua Panwaslu Kecamatan Pangkalan Kerinci, Dedi Firmansyah kepada klikmx.com, Ahad (19/7/2020), saat dikutip dari Klikmx.com.

Dijelaskan Dedi, bahwa dalam mengawasi Coklit serentak yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), bersama jajaran Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan PPDP harus dipastikan benar-benar akurat.

"Jadi bukan hanya coklitnya yang kita awasi, tapi PPS bersama PPDP nya pun diawasi. Apalagi proses Coklit dalam suasana pandemi virus Corona, maka protokol kesehatan harus dijalankan, yakni menggunakan masker, pelindung wajah, sarung tangan, mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer serta menjaga jarak, demi mencegah penyebaran Covid. Sebagaiman diatur dalam PKPU Nomor 06 tahun 2020," ungkap Dedi yang juga menjabat Ketua Divisi Pengawasan, Humas Panwaslu kecamatan Pangkalan Kerinci.

Pada kesempatan itu, Ketua Panwascam Pangkalan Kerinci, mengingatkan kepada anggota PKD se-kecamatan Pangkalan Kerinci, agar selalu fokus saat melakukan pengawasan pemutakhiran daftar pemilih tersebut.

"Kita mengingatkan karena adanya warga yang pindah domisili, meninggal, pemilih baru dan pemula, data pemilih yang tak sesuai KTP dan KK kabupaten Pelalawan di kecamatan Pangkalan Kerinci khususnya," pesannya.

Sementara Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubal Bawaslu Pelalawan, Bustami S Pdi MPdi yang turun ke lapangan untuk melakukan kegiatan supervisi pengawasan terhadap Coklit yang dilakukan oleh PPDP didampingi Ketua PPS Kelurahan Pangkala  Kerinci Kota, Bukhari, di TPS 02, di perumahan depan Polres Pelalawan, kelurahan Kerinci Kota, kabupaten Pelalawan, Ahad (19/7/2020) kemarin.

Menuturkan kepada PPDP harus datang dari rumah ke rumah, dengan melakukan pendataan sesuai prosedur dan mematuhi protokoler kesehatan.

"Kalau ada yang belum terdata segera lapor ke Posko Pengaduan Panwas terdekat. Hasil akhirkan dapat menghasilkan DPT berkualitas," tutur Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubal Bawaslu Pelalawan. 

Bustami mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersama mengawasi Coklit dan memastikan pemilih terdaftar dalam Pilkada Pelalawan 2020.

"Ayo, awasi Coklit untuk memastikan para pemilih terdaftar sebagai pemilih dalam Pilkada kabupaten Pelalawan bersama rakyat awasi pemilu, bersama bawaslu tegakkan keadilan pemilu.***