Sempat Reaktif, Seorang Tahanan Dinyatakan Negatif Covid-19



RIAUUPDATE.COM - Salah seorang tahanan Mapolres Dumai berinisial S sebelumnya dinyatakan reaktif usai menjalani screening atau rapid diagnostic test (RDT).

Namun dari hasil yang diterima Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Dumai menyatakan  jika tahanan tersebut dinyatakan negatif usai menjalani swab test beberapa waktu lalu.

"Hasilnya sudah keluar dari laboratorium Biomokuler RSUD Arifin Achmad, dan bersyukurnya kita hasilnya swabnya negatif,"ungkap dr Syaiful, Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Dumai kepada wartawan, Senin (13/7/2020) melalui sambungan telepon selulernya, dikutip dari Riaulink.com.

Dikatakan dia, saat ini tahanan tersebut sudah dikembalikan ke Mapolres untuk menjalani proses hukum selanjutnya.

Menurut dia, kemungkinan tahanan tersebut terinfeksi kasus penyakit lainnya, makanya hasil dari rapid test reaktif.

"Rupanya tidak, karena jika positif, maka akan ada penambahan klaster baru,"sebut Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Dumai itu menjelaskan.

Dengan demikian, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) yang masih dirawat di RSUD tinggal satu orang.

"Dan kita juga masih menunggu hasil swabnya dari Pekanbaru (RSUD Arifin Ahmad). Semoga tidak ada penambahan kasus baru,"paparnya menimpali.

Di kesempatan berbeda, Kapolres Dumai, AKBP Andri Ananta Yudhistira juga membenarkan perihal tersebut.

“Alhamdulillah hasilnya negatif, tahanan tersebut sudah dimasukkan kembali ke sel tahanan kita (Mapolres Dumai) untuk menjalani proses hukum terhadap kasusnya,”sebut perwira polisi berpangkat melati dua itu.

Ia mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan tim gugus tugas untuk menekan penyebaran Covid-19 di semua sel tahanan termasuk Polsek. 

"Kita berharap memang tidak ada kasus baru dari para tahanan,"tukasnya.