Ternyata Segini Nilai Rokok Ilegal Hasil Tangkapan Bea Cukai Tembilahan di Kateman?



RIAUUPDATE.COM,TEMBILAHAN - Hasil tangkapan Bea dan Cukai Tembilahan terhadap ribuan dus rokok ilegal beberapa hari lalu di Perairan Sungai Dendan,  Kecamatan Kateman,  Kabupaten Inhil ternyata nilainya 7 miliar lebih.

Hal itu disampaikan Kepala Bea dan Cukai Tembilahan  Ari Wibawa Yusuf saat pres rilis di Aula Bea dan Cukai Tembilahan, Jalan Jendral Sudirman,  Rabu (15/7/20) siang.

Dikatakannya, Tim Pengawasan melakukan pengolahan dan sharing informasi bersama komunitas instansi penegak hukum dan meningkatkan giat pengawasan. Pada hari Sabtu tanggal 11 Juli 2020 sekitar pukul 20.00 WIB, di daerah Sungai Dendan, Kateman, Indragiri Hilir.

"Petugas BC Tembilahan dengan backup Kantor Wilayah DJBC Riau, Polres Inhil serta Kodim Inhil berhasil mengamankan sejumlah 1.609 karton 50 slop 10 bungkus 20 batang sehingga total berisi 16.090.000 (enam belas juta sembilan puluh ribu) batang rokok illegal merek Luffman dengan potensi kerugian negara dari penerimaan cukai sebesar Rp 7.562.300.000,"ujarnya.

Selanjutnya barang bukti serta 1 (satu) orang yang berada di lokasi diamankan ke Kantor Bea Cukai Tembilahan untuk dilakukan pemeriksaan.

"Penindakan ini juga merupakan pelaksanaan salah satu fungsi Bea Cukai untuk mengamankan penerimaan negara,"sebutnya.

Sebagaimana diketahui bahwa pada tahun anggaran 2019, realisasi penerimaan negara dari sektor cukai sebesar Rp 172,33 triliun yang memberikan andil dalam peningkatan infrastruktur, fasilitas kesehatan, layanan pendidikan, maupun pembangunan di daerah melalui transfer ke daerah dan dana desa dalam APBN.***