3 Ruko di Pasar Danau Bingkuang Terbakar Ditaksir Rugi Rp 1 M



Kampar - Di Pasar Danau Bingkuang kecamatan Tambang Tiga unit rumah toko (Ruko) hangus terbakar, Ahad (2/8/2020) pagi. Tak ada korban jiwa dalam musibah ini. 

Kapolsek Tambang, Iptu Jufredi SH mengatakan peristiwa kebakaran terjadi Ahad pagi sekira pukul 05.30 WIB.

"Kejadiannya sekitar pukul 05.30 WIB, beruntung tak ada korban jiwa," ucapnya, dikutip Klikmx.com.

Dari hasil pemeriksaan lanjut Jufredi, kejadian diketahui saat saksi, Ikhsan (30) yang merupakan anak dari salah satu pemilik toko tengah tidur di dalam Ruko. 

"Saat itu ia (saksi,red) terbangun karena sulit bernapas akibat asap yang memenuhi ruangan ruko tersebut," kata Jufredi yang ditemui di lokasi kejadian, Ahad (2/8/2020) pagi. 

Sontak, saksi kaget melihat kobaran api di Ruko yang digunakan untuk usaha menyewakan pakaian pengantin tersebut. Ia bergegas menyelamatkan diri keluar toko dan teriak meminta pertolongan warga sekitar. 

Selang tak berapa lama, sejumlah warga berdatangan ke lokasi kebakaran termasuk sejumlah personel Polsek Tambang yang tengah melaksanakan tugas pagi itu. Bersama warga, petugas langsung membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya dan berupaya menyelamatkan barang milik korban. 

Banyaknya pakaian pengantin, menyebabkan api dengan cepat membesar dan menjalar ke ruko yang berada di sebelahnya. Akibatnya tiga ruko diantara deretan ruko di kawasan pasar Danau Bingkuang ini ludes dilalap sijago merah. 

Api dapat dipadamkan setelah 2 unit mobil Damkar milik Pemkab Kampar tiba di lokasi kebakaran.
"Akibat kejadian itu tiga unit Ruko ludes terbakar dengan taksiran kerugian mencapai Rp 1 miliar," ucapnya. 

Sementara penyebab kebakaran diduga akibat hubungan pendek arus listrik (korsleting). 

"Pemeriksaan awal diduga korsleting listrik yang menimbulkan percikan api sehingga membakar ruko ini. Untuk penyebab pastinya masih menunggu hasil olah TKP dan penyelidikan lebih lanjut," pungkasnya.***