Lakukan Jambret di Enam Lokasi, Uangnya Digunakan Untuk Beli Miras


 
Pekanbaru - Dua pekan buron, keberadaan MA (16) terendus polisi. Pelaku jambret yang masih berstatus pelajar SMK ini ditangkap Tim Opsnal Polsek Tenayan Raya di rumahnya, di Jalan Sekuntum, Sialang Sakti, Tenayan Raya, Kamis (30/7/2020). 

"Kita sudah amankan satu pelaku. Sementara pelaku lain masih dalam pengejaran," kata Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya, melalui Kapolsek Tenayan Raya Kompol Hanafi, Senin (3/8/2020), dikutip dari Klikmx.com.

Penangkapan kata Kapolsek, bermula dari laporan korban jambret SH (32), seorang ibu rumah tangga (IRT). Ia beraksi bersama rekannya R (DPO).

Dalam laporannya, kejadian bermula sekitar tiga pekan lalu, tepatnya Sabtu (11/7/2020) sore. Saat korban hendak pergi belanja ke Pasar Tangor. Saat melintas di Jalan Lintas Timur Km 10, tepatnya di depan gudang teh botol sosro tiba-tiba dari arah belakang datang dua pelaku dari sisi kiri memepet dan merampas dompet korban. 

"Saat itu korban pakai sepeda motor, sementara pelaku juga menggunakan sepeda motor berboncengan. Pelaku langsung menyambar dompet korban yang diletakkan di dashboard motor," terang Hanafi.

Setelah mendapatkan dompet tersebut, pelaku langsung tancap gas. Korban sempat berteriak minta tolong, namun pelaku berhasil melarikan diri. 

Akibat kejadian itu korban kehilangan satu dompet berisi uang tunai Rp2,3 juta dan satu unit Handphone (HP) merk Oppo. 

"Korban langsung melapor ke Polsek dan dilakukan penyelidikan. Kami dapatkan informasi dari saksi yang mengenali ciri pelaku dan ciri-ciri kendaraan yang digunakan pelaku, hingga pelaku berhasil ditangkap," pungkasnya. 

Interogasi petugas, pelaku mengaku sudah menjual HP korban ke situs jual beli online seharga Rp1 juta. Pengakuan pelaku uang itu ia habiskan untuk berfoya-foya dan membeli minuman keras. 
"Pengakuan pelaku, dia juga sudah 6 kali melakukan aksinya (jambret) di TKP lainnya. Yang dipetik (jambret) HP semua," tambah Hanafi. 

Selain pelaku turut diamankan barang bukti kotak handphone jenis Oppo A5. "Pelaku baru kali ini tertangkap," tutupnya.***