Terbawa Air Pasang ke Permukiman, Buaya Muara Dievakuasi

 

Jambi - Seekor buaya muara atau buaya katak terjebak di aliran kanal kecil di permukiman warga di Jambi. Buaya muara berukuran 3 meter itu terjebak lantaran terbawa arus sungai saat air pasang.

"Buayanya itu terjebak, saat air pasang. Buaya itu masuk dari sungai besar, lalu terbawa kanal ke parit kecil. Setelah air surut, buaya itu tidak bisa keluar lagi dari kanal itu," kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Balai KSDA Jambi Faried, Rabu (2/9/2020).

Buaya itu terjebak di kanal tepat di samping rumah warga Desa Catur Rahayu, Kecamatan Dendang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi. Hampir beberapa jam buaya besar itu terjebak hingga akhirnya bisa dievakuasi.

"Sekarang sudah ditangani BKSDA Jambi. Buaya juga sudah diamankan ke TPS BKSDA di Kota Jambi," ujar Faried, dikutip dari Detik.com.

Sementara itu, Kepala Desa Catur Rahayu Suprianto mengatakan buaya tersebut terlihat muncul ke permukaan pada pagi sekitar pukul 05.00 WIB.

Lantaran buaya dianggap meresahkan, warga bersama BKSDA dan TNI-Polri kemudian mengambil inisiatif mengevakuasi buaya besar itu dengan cara mengikat kaki dan mengikat mulutnya agar tidak memberontak.

"Kita tangkap buaya itu karena warga cukup resah dan khawatir terjadi apa-apa," ujar Suprianto.