Tetap Waspada Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Mengguyur Riau

 


Pekanbaru - Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi mengguyur Riau, Senin (21/9/2020).

Forecaster On Duty Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru Mia Vadilla mengatakan, hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi hari dan akan berlanjut hingga dini hari.

"Hujan bersifat tidak merata, hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," ujar Mia Vadilla, dikutip dari cakaplah.com.

Ia mengatakan, pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Indragiri Hilir, Indragiri Hulu dan Kuantan Singingi.

"Siang hingga sore hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai petir terjadi di hampir disebagian besar wilayah Riau," cakapnya.

Kemudian malam hari potensi hujan ringan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Rokan Hulu, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Bengkalis, dan Pelalawan.

"Dini hari potensi hujan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir Kepulauan Meranti dan Kota Dumai," sebutnya.

Disampaikan Mia lagi, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Yang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Rokan Hulu, Pelalawan, Kuantan Singingi, Kampar dan Kota Pekanbaru pada sore dan malam hari," tutupnya.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 22.0 - 32.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 58 - 98 %. Sementara arah angin berhembus ke Timur Laut - Tenggara dengan kecepatan 10 - 36 km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 - 1.25 meter.