HK dan BPTD Bersama TNI/Polri Gelar Razia Truk Odol

Pekanbaru - Beberapa hari setelah dioperasikan, Hutama Karya (HK) selaku pengelola tol menemukan banyak mobil kelebihan muatan atau truk Over Dimension Over Load (Odol) masuk tol Pekanbaru - Dumai (Permai).

Untuk mengantisipasi truk Odol masuk tol, Balai Pengelola Transportasi Darat Kementrian Perhubungan, bersama HK dan Dishub Provinsi, menggelar razia di tol Permai.

Branch Manajer tol Permai, Indrayana, mengatakan bahwa pihaknya menggandeng BPTD untuk menertibkan truk yang masuk tol. Dan selama tiga hari ini akan dilakukan sosialisasi. Bagi truk Odol yang masuk akan disuruh putar balik dan tidak dibenarkan masuk tol.

“Kita melakukan operasi Odol di ruas tol Pekanbaru - Dumai selama tiga hari. Hari pertama kita mengadakan sosialisasi, hari kedua dan ketiga kita lakukan penindakan. Semenjak tol ini diresmikan sampai kemarin malam banyak sekali kendaraan-kendaraan yang menurut pantauan kami secara kasat mata kategorinya sudah Odol,” ujar Indrayana, Selasa (6/10), dikutip dari Cakaplah.com.

Dijelaskan Indrayana, keselamatan pengendara di tol Permai menjadi prioritas utama. Jika Odol tidak ditertibkan maka bisa merusak jalan dan itu akan berdampak terhadap pengendara.

Sementara itu, kepala BPTD Ardono menjelaskan, razia yang dilaksanakan selama tiga hari ini diharapkan menjadi perhatian bagi Odol untuk tidak masuk tol Permai. Jika masih melanggar, maka pihaknya akan langsung mengadakan tilang di tempat. Tidak hanya itu, alat penimbangan dan kelebihan truk sudah disiapkan, jika melanggar akan ditindak.

“Untuk pertama kita sosialisasi persuasif kepada pelaku dan pelanggar agar tidak melakukan pelanggaran lagi. Jika masih ada pelanggaran akan ditindak tegas dan dilakukan penilangan. Ada juga dilakukan tindakan tegas putar balik tidak boleh masuk tol jika ditemui overloading. Kita ada alat mengukur, dan tidak ada alasan menolak perintah petugas,” tegas Ardono.

Sementara itu, dari pantauan di lapangan, di pintu masuk tol Permai mulai dari simpang masuk jalan raya Pekanbaru Minas, truk-truk mulai dilakukan pemeriksaan oleh petugas yang dijaga ketat oleh POM AD, AU, dan kepolisian. Truk-truk yang melebihi angkutan langsung dicatat dan yang melebih muatan langsung disuruh putar balik.