BMKG Riau: Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Guyur Riau Sore dan Malam Hari

Pekanbaru - Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi mengguyur Riau hari ini. Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru Yudhistira Mawaddah mengatakan, hujan sudah mulai mengguyur Riau sejak pagi hari dan akan berlangsung hingga dini hari.

"Hujan tersebut tidak merata, hanya terjadi di sebagian wilayah saja," ujar Yudhistira Mawaddah, Selasa (12/1/2021), dikutip dari Cakaplah.com.

Ia mengatakan, pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di sebagian wilayah Kota Dumai, Bengkalis, Siak, Kepulauan Meranti, Pelalawan dan Indragiri Hilir.

"Sementara siang hingga sore hari potensi hujan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Bengkalis, Kota Pekanbaru, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Indragiri Hilir dan Indragiri Hulu," cakapnya.

Sedangkan malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Pelalawan, Kepulauan Meranti, dan Indragiri Hilir.

"Dini hari potensi hujan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Pelalawan, Kepulauan Meranti, Indrgiri Hulu dan Indragiri Hilir," sebutnya.

BMKG mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang yang dapat terjadi di sebagian wilayah Rokan Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, Pelalawan, Indragiri Hilir dan Indragiri Hulu.

Adapun suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 30.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 60 – 98 %. Sementara arah angin berhembus ke L Barat Laut – Timur Laut dengan kecepatan 05 – 36 Km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 – 1.25 meter.