Waspadai Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Mengguyur Riau

Pekanbaru - Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi mengguyur Riau di akhir pekan ini. Forecaster On Duty Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru Bibin Sulianto mengatakan, hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi hari dan akan terus berlangsung hingga dini hari.

"Hujan bersifat tidak merata, hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," ujar Bibin, Ahad (10/1/2021), dikutip dari Cakaplah.com.

Ia mengatakan, pagi hari hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian besar wilayah Riau.

"Sedangkan siang hingga sore hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kampar, Kota Pekanbaru, Pelalawan, Kuantan Singingi, Siak, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir," cakapnya.

Sementara malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Kota Dumai, Siak, Kepulauan Meranti, Kota Pekanbaru, Rokan Hulu, Kampar, Pelalawan, dan Indragiri Hilir.

"Dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Kepulauan Meranti, Pelalawan, Rokan Hulu, Kampar, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir," sebutnya.

Lanjut Bibin, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang yang dapat terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kota Pekanbaru, Siak dan Pelalawan.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 31.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 60 – 98 %. Sementara arah angin berhembus ke Utara – Timur Laut dengan kecepatan 05 – 36 KM/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 – 1.25 meter.