20 Hotspot Terdeteksi di Riau

 

Pekanbaru - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat terjadi peningkatan titik panas atau hotspot di Provinsi Riau, hari ini Minggu (7/2/2021).

Forecaster On Duty Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru Sanya Gautami menyatakan, hari ini ada 20 titik panas yang terpantau.

"Meski hari ini cuaca di Riau ada potensi hujan pada malam dan dini hari, namun masih terpantau titik panas. Totalnya ada 20 titik," ujar Sanya Gautami, dikutip dari Cakaplah.com.

Ia mengatakan, 20 titik panas tersebar di 7 wilayah dengan sebaran terbanyak itu di Kabupaten Siak dan Indragiri Hilir masing-masing 5 titik.

"Selanjutnya di Dumai sebanyak 3 titik, Rokan Hulu 3 titik. Lalu, di Bengkalis, Pelalawan, Indragiri Hulu dan juga Rokan Hilir masing-masing satu titik," ungkapnya.

Disampaikan Sanya lagi, 20 titik tersebut berada di level rendah dan sedang. Rinciannya, 4 titik di level rendah dan 16 di level sedang. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut belum bisa dipastikan ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan.

"BMKG terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," imbaunya.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 - 33.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 50 - 96 %. Sementara arah angin berhembus ke Barat Laut - Timur Laut dengan kecepatan 05 - 36 Km/jam.