38 Hotspot Terpantau di Riau

 

Pekanbaru - Akhir pekan titik panas atau hotspot masih banyak terpantau di Riau, Ahad (28/2/2021). Forecaster On Duty Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru Bibin Sulianto mengatakan, 38 hotspot terpantau di 9 wilayah.

"Rinciannya di Rokan Hilir 11 titik, Kepulauan Meranti 8 titik, Indragiri Hilir 7 titik, Siak 4 titik, Kuantan Singingi 3 titik, Dumai 2 titik serta Bengkalis, Kampar dan Pelalawan masing-masing satu titik," cakapnya.

Dari jumlah tersebut, 2 titik diantaranya berada di level tinggi. Artinya, dipastikan ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan di titik tersebut.

Titik api tersebut berada di kabupaten Rokan Hilir, tepatnya di Kecamatan Pasir Limau Kapas, dan Kabupaten Bengkalis, tepatnya di Kecamatan Pinggir.

"Selebihnya berada di Level rendah. Rinciannya 10 titik di level rendah dan 26 berada di level sedang. BMKG terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," sebutnya, dikutip dari Cakaplah.com.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 34.0 derajat celcius degan kelembapan udara 50 – 90 %. Sementara arah angin berhembus ke arah Barat Laut – Timur Lauta dengan kecepatan 08 – 36 Km/jam

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 – 1.25 meter.